March 30, 2012 - admin

Kiat mengatasi agar anak tidak tidur larut malam

Mungkin kita sering mengalami, anak kita sering tidur ketika sudah larut malam. Bahkan si kecil masih bermain-main dengan mainannya hingga larut malam sehingga waktu tidur anak menjadi tidak tepat. Permasalahan tersebut memang menjadi perhatian tersendiri karena selain menganggu jadual tidur juga khususnya bagi kedua orang tua yang bekerja dan pagi-pagi harus pergi kerja tentu menjadi problema.

Kiat mengatasi agar anak tidak tidur larut malam sangat dipengaruhi oleh orang tua. Sebenarnya tidur larut malam bukan disebabkan kesalahan anak tetapi faktor konsistensi dari orang tua. Hal itu diungkapkan oleh Dr. Richard Ferber, seorang pendiri dari Center for Pediatric Slepp Disorders di rumah sakit anak-anak, Boston, Amerika Serikat.

Berikut ini kiat mengatasi anak tidak tidur larut malam yang disampaikan oleh Dr. Ferber melalui bukunya yang bertajuk Solve Your Children’s Sleep Problems.

1. Menciptakan suasana dan lingkungan tidur yang nyaman bagi si anak
Agar tercipta kondisi tersebut, kita harus konsisten didalam menerapkan lingkungan tidur. Membiasakan si kecil untuk tidak merasa asing dengan kamarnya ketika dia terbangun tidur. Tiduk nyenyak sepanjang malam adakalanya kerap bangun beberapa kali dalam semalam pada anak termasuk juga pada orang dewasa.

2. Jadual waktu tidur
Kita sebagai orang tua harus konsisten didalam mengatur waktu tidur si anak. Tidak membiarkan si anak tidur siang terlalu lama yang dapat menyebabkan si kecil tidur larut malam. Selain itu, orang tua harus dapat memberi contoh dengan menerapkan jadwal waktu tidur sendiri sehingga anak akan menirunya.

3. Jujur kepada anak
Ketika menciptakan lingkungan tidur yang nyaman, orangtua harus bersikap jujur kepada anak. Jika kita ingin keluar kamar, sebaiknya memberi tahu dia atau biarkan si anak mengetahuinya. Jangan keluar secara diam-diam sehingga ketika si kecil terbangun di tengah malam dan kita tidak berada disisinya maka permasalahan akan timbul.

4. Disiplin
Jadwal atau rutinitas yang telah kita buat, sebaiknya di terapkan oleh anggota keluarga yang lainnya ketika menidurkan si kecil. Misal setiap sebelum tidur, si kecil akan dibacakan cerita maka semua pihak sebaiknya melakukan hal yang sama.

5. Menghindari memberi makan yang tidak terlalu perlu di malam hari
Menurut Dr. Ferber, sering kali orangtua suka memberi makanan atau minuman terus menerus di malam hari ketika timbul permasalahan si anak sulit tidur. Aktifitas itu dapat memberi dampak kepada pola tidur si anak nantinya.

Itulah 5 kiat mengatasi agar anak tidak tidur larut malam, mungkin Anda punya pengalaman? silahkan berbagi melalui form komentar dibawah ini.

Kids agar anak / disiplin / kiat / Kiat mengatasi / larut malam / susah tidur / tidak tidur / tidur malam / tidur nyaman /

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>