May 18, 2009 - admin

Tips Atasi Tekanan Jiwa

Masalah, hampir semua orang pernah atau bahkan sedang menghadapi masalah. Masalah ini dapat menjadi tekanan jiwa dan setiap individu tidak sama dalam menerima tekanan jiwa itu. Tahap tekanan ditentukan oleh sikap individu itu sendiri serta lingkungan sekitar juga turut mempengaruhinya. Tekanan ini dapat menyebabkan berbagai masalah lainnya dan bahkan dapat menyebabkan penyakit fisik dan jiwa. Berikut ini ada beberapa tips atasi tekanan jiwa, mungkin bisa dimanfaatkan;

1. Bersikap realistik dan positif
Apakah masalah itu benar-benar menakutkan atau sekedar khayalan/bayangan kita saja? Apakah akibat buruk daripada masalah itu? dan apa reaksi positif yang bisa kita lakukan? ungkap pertanyaan ini dalam diri kita dan pertimbangkan jawabannya.

2. Menikmati manfaat teknik relaksasi
Teknik relaksasi bisa dilakukan dimana saja, di kantor, mobil, rumah, dll. Langkah-langkahnya seperti berikut ini;
a. duduk tenang dalam posisi yang nyaman
b. penjamkan mata
c. kendurkan semua otot-otot badan
d. tarik nafas melalui hidung dan hembuskan melalui mulut sambil membayangkan kita menyebut “aaa…”
e. lakukan tahapan-tahapan itu selama 10 menit sambil memastikan kita dalam keadaan pasif.

Selain itu tekanan dapat diatasi dengan mengalihkan fikiran, fokus ke hal lain yang dapat membuat kita lebih rileks. Kadangkala sesuatu masalah susah diatasi bukan karena kesulitannya tetapi karena kelelahan otak dalam berfikir, sehingga perlu dipulihkan semula.

3. Senam/Olah raga
Senam adalah cara aktif untuk mencapai ketenangan, senam juga dapat menguatkan tubuh dengan sistem kardiovaskular serta sikap yang positif. Senam juga dapat mengatasi keletihan mental dan fisik, agar dapat mengendurkan otot-otot badan yang tegang. Senam juga dapat merangsang tubuh untuk menghasilkan dan mengedarkan zat endorfin. Zat endorfin adalah 200 kali lebih mujarab memberi ketenangan.

4. Diet yang teratur
Makanan juga berkaitan dengan cara tubuh menghadapi tekanan. Makanan yang bergizi dan menyehatkan dapat memperkuat tubuh dalam menghadapi tekanan. Beberapa pakar menyatakan bahwa vitamin B dan C tambahan bisa memperkuat tubuh menghadapi tekanan.

Health/Kesehatan atasi / dewasa / jiwa / kerja / penyakit / pria / tekanan / tips / wanita /

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>