April 14, 2009 - admin

Tips Merawat Alat Kelamin

Perawatan alat kelamin adakalanya perlu perawatan yang lain, dibandingkan yang lainnya. Selain lokasinya yang tidak terlihat secara langsung sehingga pengamatannya lebih susah. Tetapi perawatannya tetap harus dilakukan dan berikut ini mengenai tips merawat alat kelamin, baik pria atau wanita.

Pria dan wanita memiliki alat kelamin yang berbeda termasuk bentuk, struktur kegunaan dan fungsinya. Dan tentu saja perawatannya juga berbeda. Vagina yang dimiliki oleh wanita mudah terkena infeksi dan iritasi, berbeda dengan penis yang dimiliki oleh pria karena sebagian besar kulit penis cukup tebal sehingga lebih tahan terhadap iritasi dan infeksi.

Didalam merawatnya seringkali salah, seperti contoh, wanita sering membersihkan alat kelaminnya menggunakan sabun biasa atau cairan pembersih yang tidak jelas komposisi kandungannya, atau menaburi bedak, bahkan menyemprotkan parfum didalam vagina. Bagi pria juga misal menggunakan celana dalam yang ketat, hal ini dapat menimbulkan permasalahan lainnya.

Dan berikut ini beberapa tips merawat alat kelamin kita;

1. Setelah buang air kecil atau besar
Usahakan untuk selalu mencuci bagian luar alat kelamin dengan air dan sabun. Untuk wanita, siramlah dengan air dengan arah depan ke belakang dan bukan sebaliknya. Hal ini untuk mencegah masuknya kuman dari dubur ke vagina. Untuk pria, cukup hanya membersihkan dengan air bersih.

2. Kebersihan pakaian dalam
Sepatutnya dalam sehari, minimal mengganti pakaian dalam sebanyak dua kali untuk menjaga kebersihan. Selain itu pilihlah bahan celana dalam yang dapat mudah menyerap keringat, karena jika tidak jamur bisa menempel di alat kelamin. Hindari untuk saling bertukar pakaian dalam dengan orang lain bahkan itu keluarga sendiri, karena setiap orang memiliki kondisi kelamin yang berbeda.

3. Menggunakan toilet umum
Siramlah sebelum menggunakan (flushing), hal ini untuk mencegah penularan jika ada pengguna lainnya adalah penderita penyakit kelamin. Sebaiknya gunakan selalu air yang keluar melalui keran atau tissu dan hindari penggunaan dari bak/ember, karena menurut penelitian air yang tergenang di toilet umum mengandung 70% jamur candida albicans (penyebab keputihan dan rasa gatal pada vagina).

4. Merawat rambut yang tumbuh di sekitar alat kelamin
Hindari membersihkan bulu di daerah kemaluan dengan cara mencabut karena akan ada lubang pada bekas bulu kemaluan tersebut dan menjadi jalan masuk bakteri, kuman, dan jamur. Selanjutnya dapat menimbulkan iritasi dan penyakit kulit. Perawatan bulu itu disarankan untuk dirapikan saja dengan memendekkan, dengan gunting atau dicukur tetapi sebelumnya menggunakan busa sabun terlebih dahulu dan menggunakan alat cukur khusus yang lembut, dan sudah dibersihkan dengan sabun dan air panas. Perlu diketahui setelah menggunakan simpan dalam tempat yang bersih dan kering, jangan di tempat yang lembab dan jangan menggunakannya secara bergantian bahkan dengan suami/isteri.

Rambut-rambut tersebut berfungsi untuk kesehatan alat kelamin, yaitu berguna untuk merangsang pertumbuhan bakteri baik yang melawan bakteri jahat serta menghalangi masuknya benda asing kecil ke dalam vagina, menjaga alat kelamin tetap hangat dan merupakan bantalan ketika berhubungan seksual dan melindungi dari gesekan. Sehingga perlu rajin menjaganya agar tidak menjadi sarang kutu dan jamur.

5. Pemakaian pantyliner
Pemakaian pantyliner tidak dianjurkan digunakan setiap hari, sebaiknya Pantyliner hanya digunakan ketika keputihan. Akan lebih baik jika membawa celana dalam pengganti daripada menggunakan pantyliner tiap hari.

6. Hindari menggunakan celana dalam dan celana jeans yang sangat ketat
Memakai celana dalam dan celana jeans yang terlalu ketat di wilayah selangkangan dapat menyebabkan kulit susah untuk bernafas dan akhirnya dapat menyebabkan daerah tersebut berkeringat, lembab, mudah terkena jamur dan teriritasi. Pemakaian celana ketat itu bagi pria dapat membuat peredaran darah yang tidak lancar dan membuat penis serta testis dalam keadaan panas. Panas yang berlebihan oleh suhu, keringat dan pakaian yang terlalu ketat, dapat menurunkan kualitas sperma.

7. Hindari untuk menyemprot minyak wangi/parfum ke dalam vagina

8. Setia pada pasangan sendiri
Hal ini juga merupakan salah satu tips menjaga dan merawat alat kelamin, hindari untuk ‘jajan’ atau selingkuh.

9. Jangan malas mengganti pembalut
Bagi para wanita yang sedang menstruasi/haid untuk tidak malas mengganti pembalut karena ketika menstruasi kuman-kuman mudah untuk masuk dan pembalut yang telah ada gumpalan darah merupakan tempat berkembangnya jamur dan bakteri. Usahakan untuk mengganti setiap 4 jam sekali, 2-3 kali sehari atau sudah merasa tidak nyaman. Jangan lupa bersihkan vagina sebelumnya ketika mengganti pembalut.

10. Pemeriksaan rutin
Usahakan untuk selalu melakukan pemeriksaan rutin pada alat kelamin;
* Bagi pria, pemeriksaan testis (buah zakar) dapat dilakukan sendiri, dengan cara:
– Kenali ukuran, bentuk, serta berat masing-masing testis
– Dengan menggunakan kedua belah tangan, raba masing-masing testis
– Waspadai jika ada benjolan kecil di bawah kulit, di bagian depan atau sepanjang testis. Jika ada benjolan atau pembengkakan, segera periksakan diri ke dokter.
– Jika terdapat sesuatu yang tidak seperti biasanya dan tidak terasa nyaman, segera konsultasikan ke dokter juga.
* Jika ada perubahan warna, kadang disertai bau yang kurang sedap dan gatal-gatal pada alat kelamin, segeralah berkonsultasi ke dokter.

Nah itulah sekedar tips merawat alat kelamin, dengan menjaganya dapat mencegah terjadinya penyakit kelamin.

Sumber: berbagai sumber di internet

Health/Kesehatan / wanita alat / dewasa / kelamin / laki / merawat / Perempuan / pria / tips / wanita /

Comments

  • [...] dengan pijatan di tumit kaki (atau tepat di bawah tulang mata kaki) si dia untuk mengirim sinyal ke alat kelamin lelaki. – Biasanya setiap pasangan melakukan pemanasan selama 11-13 menit sebelum [...]

  • febryan says:

    saya mau tanya….

    gantal pada alat kelamin di sebabkan oleh apa ya?

    di sebabkan oleh jamur atau kelain ? soalnya gantal seperti kena ulet buluh

    mohon di balas ke email saya

  • febriani efidra sari says:

    buat febryan…..aq juga dulu pernah begitu…tapi setelah aq periksa k dokter ternya ta hanya ada infeksi dan jamur………saran saya kamu periksa aja ke dokter spesialis byar lebih jelas…

  • debora says:

    hai…aku mo menikah dengan pasangan aku..aku mau tanya..ukuran vagina itu lubangnya kan sangat kecil sekali.untuk 1jari cukup,tapi saat penis yang masuk ga cukup.trs gmn itu?

  • pipie says:

    saya mau tanya….
    bagaimana cara menghilangkan bau amis di saat sedang menstruasi.
    tolong balas ke email saya.
    sebelum nya terima kasih

  • antoni says:

    buat debora…

    memang lubang vagina itu sempit tapi elastis jadi sebesar apapun
    penis tetap bisa masuk apalagi ukuran orang asia. Kenapa khusus asia,
    karena orang2 timur tengah konon memiliki penis yg luar biasa besar.
    Biasanya kalo cewek asia bersetubuh dengan timur tengah sering
    terjadi masalah.

  • mega says:

    bagaimana cara menghilangkan bau tidak sedap pada vagina?

  • awdiel. says:

    :cry: akku bgung deh , kdang vagina aku suka gatall..kputihan..dan kdang ada bintik” wrna putii..knpa ea ?? saya mau tnya mama tpi tkut , krna sya sering orgasme via tllp sma pcar..
    tlong bri jwban yaa..dan apa resiko dari sering orgasme ??? mksi, ;-)

  • budi says:

    hai debora saya mau tanya diselangkangan saya sering menimbulkan bauk tak sedap, bagaimana cara mengatasinya dan apa obatnya. balas ke email saya. thanks.

  • rahayu says:

    makasih buat tipsnya, sangat bermanfaat sekali.

  • Nurul says:

    hai…pengen nanya nich..
    Klau aku lg Haid rasanya tuch sakiiit banget sampe gak bisa tahan….
    Kira2 obat apa ya yg paling manjur biar sakitnya gak muncul2 kalau setiap datang haid..
    And apa yg menyebabkan adanya rasa nyeri di bagian perut dan pinggang pada saat haid…???

  • Thank infonya,. pentingnya jg merawat alat kelamin , harus dpraktekn
    biar ada manfaatnya

  • Budiman says:

    Aku mu tanya nich, knapa ya di sekeliling penisku timbul bintik2 ptih. Obtnya apa?

  • ronny says:

    aku mau tanya nih , kelamin ku koq gatal” kayak alergi gtu y?? apa sebabnya??
    mohon di bls y .. thnk

  • radian says:

    bozz, mau nanya nih, koq penis gua gampang bangun ya,,
    klu misalkan mau tidur pasti bangun, kdang kalu lagi jalan ska bangun,, pkoq nya ke gesek dikit aja bangun,,, knapa ya bozz

  • Tips yang sangat bermanfaat……nice info dan cukup jelas untuk dipraktekkan.

  • Rafael says:

    Saya mau tanya. . . .saya sering melakukan orgasme,skarang di sekitar ‘P’ saya timbul bintik merah dan terasa sangat gatal,bgmana cara untk meng0btinya tanpa hrus ke d0kter. . .
    Apakah itu sebuah penyakit/ efek kebiasaan saya?
    Tolong dibls ke Email saya. .
    Terima kasih

  • fadil says:

    saya mau tanya…di buah zakar saya ada keganjalan aneh besarnya seperti
    jerawat apabila disentuh terasa sakti,apakah ini berbahaya atau tidak,dan
    bagaimanakah cara mengobatinya tanpa harus kedokter..
    tolong di balas email saya..
    terima kasih

  • pranata says:

    saya mau tanya : penis saya jika bagun terangsang itu bengkok ke kiri jadi gak lurus ke depan gitu kalo bagun bagemana menagani hal tersebut ? lalu saya tanya lagi saya sering onani pakek sabun terus organisme gak sampek 2 menit sudah keluar sperma bagemana menangani biar saya tahan lama ? terimakasih balas di email saya ya

  • daruzz says:

    mau tanya nih, gmana cara mmbuat penis lurus saat tegang,cz penisku
    gede n panjang tpi klo lurus akan lbih panjang,ini pnyaklu agak bengkok klo lagi tegang,
    mohon bls ke emailku ya,thank..

  • dewi says:

    pagi,,saya mau tanyak vagina aku pertama baux ndk sedap, pi aku sempat minum obat anto biotik,, trus baux udh mulai hilang,, tapi gatalx masih… buat kerja terganggu.trima kasih mohon di bls ke email saya

  • Eko says:

    Sy mo nyk ne..,
    klu brstubuh knapa tu sperma cpt bgt kluar nya? Trus bgaimana yar bisa tahan lm.?
    Tlng d bls y.

  • nara says:

    asskum
    sya mao tnya,,, gmn cara’a agar mmbuat vagina tdk mudah basah saat berhubungan dngan suaba
    berhubungan badan dngn suami?????

  • dandi says:

    bapak saya umurnya lebih dari 55tahun. punya temperamen marah. pendengaran berkurang sekali. kadang jalan sampai tertatih tatih sambil pegang dinding rumah. dulu sering minum paramex jika sakit kepala, atau sakit sedikit pasti minum obat. sekarang di kelamin bapak saya tumbuh benjolan. kadang hilang sendiri, kadang datang lagi. kalau lagi datang benjolan rasanya mungkin nyeri sekali. saya mau tanya, kira2 bapak saya kena penyakit apa? apa yang harus saya lakukan? adakah makanan yang harus dihindari? tolong email ke email saya. trims

  • santi says:

    Saya mau tanya donk gmana caranya ilangin bau tak sedap pada vagina? Tolong bales di email yaa..

  • Jastis atran says:

    Ass . , .
    Sya mau nanya nech
    kantung zakar gua nech gatal2 apa obt nya ea ?
    Serius nech gatal nya datng truz neh !
    Tolng blaz ea secpat’nya !

  • ernanto says:

    ,pengen tanya nih,,
    ,gimana sih caranya biyar penis gak mudah tegang?,soale tiap liat gambar p***o sinyalnya kuat banget,bisa nimbulin rasa malu,,

  • aurana says:

    cuyy gue au tnya knp bhis men trtngahan ‘P’ gue ngluarin lendirr…itu gr” apa y tlong bls ke e-mailq scptny…
    makasihh:)

  • Fitri says:

    Guys aku mau tnya gmn yah caranya ilanginn gatel terus ngeluarin keputihan terus klau dah mkn timun. Obatnya apayah?? Coz aku takut.
    Bls ke email aku.
    Makasih.

  • indie says:

    hai..mw tanya donk..
    ko di vagina aku sll ada bercak merah yah stiap x cukur?
    trus skrng stlh keputihan hilang datang iritasi di selangkangan..gmn cara ngatasinnya yah?
    please bales skt bgt soalnya :'(

  • Dhias says:

    Ass..
    Z mau nanya ko d alat kelamin z terasa gatal dan timbul benjolan”d sekitar buah zakar dan ujung kelaminq. Tolong ap obat.x.blz cpat

  • ika says:

    selamat pagi, maaf mau tanya nih
    ibu mertua saya suka sekali menyemprotkan minyak wangi ke celana dalam yg hendak beliau gunakan
    dan bau minyak wanginya juga sangat tajam,
    apakah itu berbahaya ?
    terima kasih

  • tika says:

    saya mau nanya ,
    kenapa tepat dibawah kelamin saya ada benkolan di sekitar anus , kalo dientuh terasa sakit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Ingin tulisan tampil di F-Buzz.Com website?
ingin blog anda untuk lebih dikenal dan lebih banyak pengunjung?
Klik disini
'