March 10, 2009 - admin

Tips Hadapi Bad Mood di Tempat Kerja

Pernahkah kita mengalami perasaan bad mood atau tidak bersemangat di tempat kerja ? pagi-pagi kita pergi kerja tetapi dengan bad mood? Memang manusia merupakan makhluk yang spesial, yang memiliki perasaan yang kompleks. Antara satu orang dengan orang yang lain, bisa mengalami perasaan yang berbeda. Adakalanya perasaan semangat, senang, bahagia tetapi ada juga perasaan sedih, bosan, tidak bersemangat atau jenuh. Ketika dalam kondisi perasaan sedih, bosan atau tidak semangat, tubuh kita juga ikut bereaksi, badan terasa lemas, mengantuk dan akhirnya aktifitas kita pun terganggu. Performa kerja pun ikut turun, mungkin bagi pekerja kantoran akan mempengaruhi karir atau bonus yang akan diterima dan bagi orang yang wiraswasta atau bekerja sendiri akan mempengaruhi penghasilannya.

Memang ketika bad mood melanda pada diri kita, memaksa kerja pun akan didapat hasil yang kurang maksimal. Dan bagaimana mengatasi hal itu? sebagai makhluk sosial, kita susah untuk menghindari hal-hal tersebut tetapi kita bisa mencoba mengatasi hal itu, yaitu:

1. Kenali dan fahami penyebab
Bad mood bisa disebabkan berbagai macam sebab dan dengan mengetahui penyebabnya, kita akan mudah untuk mengatasinya. Misal kita bad mood ketika melihat meja atau ruang kerja yang berantakan, atau menginggat beban kerja yang berat atau hutang yang menumpuk. Nah mungkin anda bisa merapikan meja atau ruang kerja anda terlebih dahulu atau membagi beban kerja agar terasa ringan.

2. Atur prioritas
Seperti pada tulisan lainnya, sebaiknya kita selalu mempunyai ‘planning’/rencana dan selalu tentukan prioritas. Kerjakan aktifitas yang paling penting dan cukup mempengaruhi tugas-tugas kita selanjutnya.

3. Disiplin
Setiap aktifitas atau tugas yang akan kita lakukan, selalu tentukan deadline. Meskipun perusahaan atau client kita juga telah menentukan deadline tetapi sebaiknya kita juga mempunyai deadline tersendiri yang tentunya tidak saling ‘bertabrakan’ antara deadline kita dengan deadline dari perusahaan/client. Hal dapat memacu semangat kerja kita untuk menyelesaikan tugas dan menghindari terjadinya bad mood ketika pekerjaan semakin menumpuk.

4. Letakkan foto orang-orang yang kita cintai
Seringkali ketika kita melihat orang yang kita cintai, perasaan sedih, tidak semangat akan berbalik menjadi senang atau semangat. Hal ini bisa kita gunakan dengan meletakkan foto-nya di tempat yang mudah kita lihat, misal meletakkan foto keluarga di meja, foto anak, atau pacar and :D
Memang hal ini terlihat sangat personal tetapi hal ini dapat memacu semangat.

5. Hindari Penyebabnya
Hal ini berkaitan dengan poin pertama, ketika kita mengenali penyebab bad mood. Sebaiknya kita menghindari hal-hal itu ketika akan memulai aktifitas kerja, alangkah baiknya penyebab itu dapat kita selesaikan sebelum beraktitas.

Itulah beberapa tips mengatasi perasaan bad mood, tapi yang perlu diingat bahwa waktu akan terus berjalan tanpa bisa dihentikan, dengan perasaan bad mood atau tidak. Usahakan kita selalu bisa mengendalikan perasaan kita akan bisa mencapai “hari ini lebih baik dari kemarin“.

Photo: jpcats.com

Dunia Kerja Bad Mood / hadapi / kantor / kerja / laki / lelaki / orang tua / Perempuan / Tempat / tips / wanita /

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>