Pilih Warna: Rahasia Psikologi Arti Warna

Merah, kuning, hijau dan biru merupakan empat warna utama menurut pakar psikologi. Dan meskipun belum bisa dipastikan  dari sudut pandang sains, tetapi pada umumnya warna akan memiliki pengaruh atau sifat yang berbeda didalam aspek kehidupan manusia termasuk juga dari personalitinya. Dan berikut ini beberapa rahasia psikologi arti warna;

Biru:
Memberikan arti ketenangan yang sempurna. Memiliki kesan yang dapat menenangkan di denyut nadi, tekanan darah, pernafasan serta membantu didalam meningkatkan kesehatan diri.

Biru tua:
Memberikan arti yang melambangkan perasaan yang mendalam. Dan biasanya bersifat perasa, bijaksana, tidak mudah untuk tersinggung, bersikap tenang dan memiliki kenalan/rekan yang luas.

Biru muda:
Melambangkan sifat yang teguh dan kokoh. Tetapi biasanya sedikit keras kepala, serta sering berbangga diri dan memiliki pendirian yang tetap.

Coklat:
Memiliki sifat suka merebut, pesimis terhadap kesejahteraan dan kebahagiannya di masa depan.

Hijau:

Melambangkan adanya suatu ketabahan, keinginan namun keras hati. Memiliki pribadi yang keras dan dominan/berkuasa. Tetapi warna ini bisa meningkatkan rasa bangga. Penggemar warna ini biasanya sering menjadi pilihan untuk mendapatkan nasehat.

Hitam:
Melambangkan arti kehidupan yang terhenti serta memberi kesan kekosongan, kegelapan, kematian, dan kerusakan.

Kuning:
Mewakili sifat kegembiraan, cukup santai, mempunyai cita-cita setinggi langit.

Kuning terang:
Melambangkan sifat spontan dan toleransi yang tinggi. Begitu menonjol tetapi berubah-ubah sikap, suka berharap dan dermawan.

Abu-abu/Kelabu:

Samar-samar karakternya. Kecenderungan lebih netral.

Merah:
Melambangkan keadaan psikologi yang mengurangkan tenaga, mempercepatkan denyutan nadi, menaikkan tekanan darah dan mempercepat pernafasan. Warna ini mempunyai pengaruh produktiviti, perjuangan, persaingan dan birahi.

Merah terang:

Mewakili kekuatan, kemahuan atau cita-cita. Warna ini turut melambangkan agresif, aktif, kemahuan keras, penuh ghairah dan dominasi.

Merah jambu:

Romantis, feminin, selalu rapi dan penuh jenaka.

Ungu:
Warna ini adalah campuran warna merah dan biru. Sifatnya sedikit kurang teliti tetapi selalu penuh harapan.

Nah, bagimana warna kesukaan Anda?

Sumber: email

29 comments on “Pilih Warna: Rahasia Psikologi Arti Warna

  1. ado April 24, 2009 1:26 pm

    :???: Yaaa…ga ada warna yang g senengin… :sad:

  2. widie October 30, 2009 12:10 am

    gue suka wrna pink ! :smile:

  3. yutafiri penimerpati November 3, 2009 4:06 pm

    warna pink ko” g da ce :neutral:

  4. widya margarettha November 16, 2009 3:56 pm

    ungu…..suka bangeeeeeeeeeettttt :lol: :lol:

  5. Toni Andika November 20, 2009 9:58 am

    Hijau Warna Yang Menyegarkan !!!! :razz: :razz:

  6. samiah November 24, 2009 5:38 pm

    hijau….,yg aq suka…, :razz: ….., :?:

  7. anak ganteng November 30, 2009 10:06 pm

    :lol: bagusss..
    tapi sayang masa gak semuanya dibahas.

  8. hikmah December 2, 2009 9:29 pm

    merah!!!! :grin: :grin:
    smuanya ska bgt…..

  9. andi January 7, 2010 11:16 am

    aq suka warna merah juga….!!!!!!!!
    :evil: :lol:

  10. maezcha February 26, 2010 10:01 pm

    gue sk bgt warna putih

  11. ace March 7, 2010 11:28 pm

    kusuka biru…………. ;-)
    bahas warna laen dong……………….

  12. rima June 9, 2010 10:38 am

    Merah gw banget:razz:

  13. tedy June 10, 2010 10:21 pm

    kalo saya terkadang suka sama warna yang berbeda,
    misalkan saja dari kemaren, saya suka warna hitam dan kuning, sebelumnya suka warna hijau pucuk.
    itu artinya gmn ya !!?
    :D

  14. supri June 12, 2010 9:25 pm

    Ku sih suka warna biru…….. :roll:
    Pa lagi lo di padu dg putih…………wah cantik poko’x.. :oops:

  15. supri June 12, 2010 9:27 pm

    @ace
    kmu ska biru juga to……. :o

  16. zauza June 16, 2010 12:25 am

    Kalo aku Merah donkkk merah itu bagiku berani sama putih karena merah putih bendera indonesia
    sama aku suka warna transparan hehe ada artinya tuh transparan !! hehe :lol: :lol: :grin:

  17. benkimun November 7, 2010 8:55 pm

    Kalau dalam peperangan warna kuning itu berarti apa sih???? any :idea
    pls advise:

  18. Firsha May 29, 2011 4:55 pm

    Aku suka bgtz sma warna Biru tua!!!! :lol: :lol:

  19. tri June 3, 2011 10:47 am

    kurang sreg..!

  20. galang sp June 3, 2011 9:50 pm

    klo arti warna silver itu pa

  21. ... June 15, 2011 2:15 am

    pyuh untung ga’ da pink, walou pun aku cewek tai aku paling benci pink !!!
    dan paling suka warna biru tua, ijo, merah, and ungu ( dan oren tapi oren gak adasih)

  22. lenciya July 16, 2011 6:04 pm

    kalau gue suka warna kuning terang, biru, biru tua
    gak tau ya kenapa suka tapi ya begitu

  23. encoelth July 24, 2011 9:05 pm

    tergantung suasana hati, pastinya orange, kadang hijau, biasa biru,
    hitam juga putih dan ungu, sering juga sukanya cokelat.

    Warna yang biasanya di sekeliling orange, coklat sama merah dan
    kuning.
    intinya orange, kuning sama coklat hahaha

  24. moemoethangel August 8, 2011 2:51 pm

    I Love ungu..
    tuh warna favorit aku,, semua koleksi aku berbau warna ungu…
    mulai dari baju aksesoris sepatu, cat rumah,, semua ungu….

  25. yumy September 3, 2011 1:34 am

    Qw suka bgd warna biru muda. .diliad tu adem.
    Bahas warna lain jg donk!

  26. Ires October 15, 2011 6:29 am

    waaah…Kuning indah :D
    tp kok Hitam bgtu sih artinya..kayaknya aq baca di artikel lain bkn cuma itu kok artinya…hitam ada baiknya juga lho!!! )’:

  27. Wenthi Ambar Wati December 10, 2011 5:16 pm

    Akku suka bngt wrna pinkk ,,

    I Like Pinkk :D

  28. Githa December 10, 2011 5:18 pm

    I Like Blue ,,
    :)

  29. ntie March 16, 2012 9:35 am

    aq suka wrna hijau,kunin9,un9u,abu2,putih…gmn tuh aq suka wrna itu semua..wrna y9 palin9 9a aq sukain merah.!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>