Tips Meningkatkan Sperma

Bagi pasangan yang belum dikarunia seorang bayi banyak sekali penyebabnya, salah satunya adalah kualitas dari sperma suami. Memang tidak diragukan dengan memiliki sperma dalam jumlah dan kualitas yang banyak merupakan salah satu tanda sistem reproduksi yang sehat. Perlu diketahui juga bagaimana agar kualitas sperma baik, berikut ini beberapa tips untuk meningkatkan sperma, termasuk meningkatkan jumlah serta kualitasnya:

1. Jauhi alkohol
Hentikan dan jauhi minuman yang beralkohol jika Anda tidak menginginkan produksi sperma Anda berkurang. Alkohol bisa mempengaruhi fungsi dari lever yang selanjutnya dapat menyebabkan tingkatan estrogen meningkat, sedangkan jumlah estrogen yang tinggi dapat mempengaruhi produksi sperma.

2. Hindari dan jauhi merokok
Hasil dari penelitian membuktikan bahwa orang yang merokok (aktif dan pasif) memiliki jumlah sperma yang lebih sedikit dibandingkan dengan orang/lelaki yang tidak merokok.

3. Mengurangi frekuensi hubungan intim
Jika terlalu sering berhubungan intim, apalagi masturbasi seperti setiap hari, dapat mempengaruhi jumlah serta kepadatan sperma. Karena semakin sering ejakuasi semakin berkurang kepadatan sperma.

4. Pola makan
Pola makan yang baik dapat juga mempengaruhi produksi sperma, cobalah untuk memakan makanan yang rendah lemak dan protein tinggi, serta pilih sayuran dan jenis padi-padian.

5. Suplemen alami
Mencoba bahan-bahan alami seperti Asam amino L-carnitine, yang bisa ditemukan di dalam daging merah dan susu, serta L-arginine yang terdapat dalam kacang-kacangan, telur, daging, dan wijen. Bahan tersebut berkhasiat untuk meningkatkan mutu sperma.

6. Usahakan untuk tidak menggunakan celana ketat dan air panas
Memakai celana dalam atau celana ketat dapat mempengaruhi kualitas sperma, karena dengan menggunakan celana ketat suhu pada bagian testis akan menjadi panas, usahakan testis dalam kondisi suhu yang sejuk dibandingkan dengan bagian tubuh yang lainnya.

6 thoughts on “Tips Meningkatkan Sperma

  1. Salam Kenal bos….
    Bagaimana ketika seseorang itu sering onani? apakah berpengaruh terhadap kesahatan sperma? dan bagaimana cara menghindarinya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>