December 4, 2008 - admin

Bahan Untuk Kembangkan Kreativitas Anak

Sebagai orang tua, tentu akan sangat senang dan bahagia ketika melihat permata hati beranjak dewasa dan melakukan hal-hal yang kreatif. Tentu kreatifitas sangat dipengaruhi dari berbagai faktor. Salah satunya dengan memberikan bahan untuk kembangkan kreativitas anak (khusus untuk balita), seperti;

- Mencoret
Kegiatan mencoret-coret dengan crayon merupakan suatu kegiatan yang sangat memuaskan dan menyenangkan bagi banyak anak. Tetapi jika kegiatan tersebut tidak diarahkan malah bisa membuat kesulitan bagi kita, misal mencoret-coret tembok rumah dan sebagainya. Mari kita buatkan suatu media untuk dia dapat melakukan kegiatan tersebut dan dapat meningkatkan kreativitas anak, rekatkan kertas pada alas meja, lantai, atau alas apa saja agar kertas tidak bergeser ketika dicoreti oleh anak, dan segera singkirkan crayon ketika crayon tersebut telah disalahgunakan untuk mencoret di bagian yang tidak boleh dicoret atau bahkan jika bayi mencoba memasukkan crayon ke dalam mulutnya, hal ini dapatĀ  membantu mengajarkan kepada mereka untuk menggunakkannya dengan benar. Perlu diperhatikan, hindarkan penggunaan pena, pensil, atau alat tulis yang berbentuk tajam untuk mencoret, kecuali dibawah pengawasan yang sangat ketat.

- Melukis dengan jari
Adakalanya si anak menyukai melukis dengan menggunakan jarinya, tetapi ada juga anak yang tidak senang dengan kegiatan ini karena tangan yang terkotori dengan cat. Meskipun dengan melakukan cuci tangan dapat menunjukkan kepada dia bahwa kotor tersebut hanya bersifat sementara, tetapi ada beberapa anak yang tetap tidak mau menggunakan bahan tersebut. Biarkan anak untuk memilih pilihannya.

- Bermain musik
Selain kegiatan-kegiatan diatas, bermain musik bisa menjadi kegiatan meningkatkan kreativitas dengan senang, bayi dapat belajar meningkatkan kemampuan musik seperti dengan memukulkan sendok kayu pada panci, atau hal-hal yang dapat menimbulkan suara tertentu, tentu saja kita harus memberi contoh terlebih dulu.

Baby / keluarga / Kids anak / bahan / bakat / Kembangkan / kiat / kreativitas / orang tua / tips / untuk /

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Ingin tulisan tampil di F-Buzz.Com website?
ingin blog anda untuk lebih dikenal dan lebih banyak pengunjung?
Klik disini
'