Tips Manajemen Waktu

“Live good, honorable life. Then when you get older and think back, you’ll be able to enjoy it a second time. – Hiduplah dengan baik dan penuh arti. Supaya kelak disaat Anda tua dan mengingatnya kembali, Anda akan menikmatinya kembali selama beberapa saat.” ~Dalai Lama

Masih ingat mengenai manajemen waktu di tulisan sebelumnya? tentang kiat-kiat sukses manajemen waktu atau kiat praktis manajemen waktu, dan sekarang kita coba membahas mengenai tips manajemen waktu. Time management atau manajemen waktu merupakan suatu hal yang penting, yang berharga karena berkaitan dengan waktu yang tidak bisa diulang atau dilambatkan. Kita menyadari bahwa kita hanya memiliki waktu 24 jam per hari, waktu yang terbatas tetapi tugas yang harus dikerjakan oleh kita cukup banyak, kadang-kadang kita ingin sehari itu 48 jam (ini tidak mungkin :D ), salah satu solusinya adalah mengatur waktu, manajemen waktu.

Orang yang sukses memiliki 24 jam sehari, kita juga memiliki 24 jam sehari, tiada beda jumlah waktunya tetapi yang membedakannya adalah bagaimana kita mengatur waktu itu. Itulah pentingnya aspek manajemen waktu, sehingga muncul istilah yang terkenal, waktu adalah emas. Nah bagimana tips manajemen waktu, berikut ini tips-tips yang mungkin berguna;

1. Tidak tergoda untuk mengerjakan hal-hal yang kecil tetapi menyita waktu.
Kuncinya adalah disiplin didalam mengerjakan rencana yang tentunya sudah ada prioritasnya. Sesekali kita melakukan hal-hal kecil tersebut untuk menyegarkan pikiran, hal itu masih wajar tetapi jika sampai menyita banyak waktu atau berketerusan cobalah untuk kembali melihat tugas-tugas kita.

2. Gunakan alat bantu manajemen waktu.
Sudah banyak dijual alat-alat bantu manajemen waktu seperti agenda, to do list, dan sebagainya. Dari yang berbentuk buku hingga alat elektronik seperti PDA, smartphone, tabletPC. Gunakan alat-alat tersebut, jangan ragu untuk menggunakannya karena alat-alat tersebut sangat membantu kita mengatur waktu.

3. Prediksi berapa lama waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan tugas
Ketika kita akan mengerjakan sesuatu atau ketika merencakan sesuatu, kita harus mengetahui kira-kira seberapa lama waktu yang diperlukan, sesuaikan dengan kemampuan kita dalam menyelesaikan tugas tersebut, jangan membuat prediksi yang tidak sesuai dengan kemampuan kita karena hal ini malah dapat menimbulkan masalah lain.

4. Mengetahui kapan suatu tugas harus diselesaikan.
Seperti pada point pertama, kita mengerjakan sesuai prioritas, kita harus mengetahui kapan suatu tugas harus diselesaikan dan mana tugas yang harus dikerjakan terlebih dahulu dan mana yang bisa di tunda. Sediakan waktu untuk menyusun kembali rencana di pagi hari dan disiplinlah sesuai rencana-rencana tersebut.

5. Kita tidak bisa mengerjakan dua tugas dalam waktu bersamaan
Fokus, salah satu hal yang penting dalam manajemen waktu adalah fokus pada satu tugas. Kita tidak akan bisa mengerjakan dua atau lebih tugas sekaligus dengan tingkat perhatian yang sama, yang mungkin bisa dikerjakan adalah “multitasking” tetapi kita tetap mengerjakan satu hal pada satu waktu. Multitasking sebenarnya adalah suatu seni didalam melakukan delegasi wewenang dan tugas.

6. Hindarkan untuk terpaku pada lama waktu yang telah kita rencanakan
Ketika kita merencakan untuk menyelesaikan suatu tugas didalam waktu tiga jam (contoh 3 jam), hindarkan kita untuk selalu berpaku pada waktu 3 jam itu untuk menyelesaikannya, jika kita bisa menyelesaikannya dalam waktu 2 jam, akan lebih baik. Sehingga kita bisa melanjutkan untuk tugas selanjutnya.

7. Keep it simple
Tips manajemen waktu yang lain adalah selalu bersikap efisien. Jangan melakukan sesuatu yang bisa membuat rumit/susah  yang malah menghabiskan waktu. Jika suatu tugas dapat dibuat sederhana mengapa harus dibuat sulit, mudahkan maka kita akan menemukan waktu yang lebih banyak.

Demikian tips manajemen waktu di edisi hari senin ini, semoga bisa bermanfaat bagi kita semua.

3 comments on “Tips Manajemen Waktu

  1. David Pangaribuan November 17, 2008 9:07 am

    Posting yang sangat menarik, memberikan refresh kepada saya. Pemahaman yang sangat baik sebagai bekal di awal minggu ini.

    Waktu memang sangat dibutuhkan dan perlu dikelola dengan baik, Waktu selalu maju dan maju dan waktu tidak dapat di-mundurkan. Thanks

    Salam

  2. eko sw February 3, 2009 10:58 am

    y.mnrk skali.sy menyadari sy krg realistis dlm mengatur waktu.shgga sring trjd kekacauan. makash

  3. Rita October 21, 2010 12:13 pm

    Yupsssssss!!!

    waktu adalah emas d^_^b :smile:

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>