November 3, 2008 - admin

Urgent Vs Important

Didalam aktivitas sehari-hari, kita sering dihadapkan suatu pilihan dan kadang-kadang pilihan itu ada “urgent” atau “important“. Apa sich Urgent Vs Important itu? Ketika kita harus mengangkat telepon atau handphone kita berdering? hampir semua orang pasti mengangkatnya tanpa mempertimbangkan hal itu urgent atau important. Memang telpon berdering merupakan urgent tetapi kadang-kadang tidak important. Adakalanya seorang manager menganggap semua pekerjaan itu urgent tetapi seorang yang luar biasa akan mampu memilah mana yang urgent dan mana yang important. Dan seorang yang smart biasanya akan mengerjakan sesuatu yang important, bukan yang selalu urgent.

Menurut Steven Covey yang ditulis didalam bukunya yang berjudul First Things First dapat menjadi bahan acuan untuk membedakan antara Urgent Vs Important. Urgent merupakan area / domain waktu sedangkan important merupakan area target. Masih menurut Steven, ada 4 domain yang seringkali dapat membuat bingung antara urgent dan important, yaitu:

1. Ada tugas yang urgent dan important
Misal penyelesaian tugas akhir atau skripsi menjelang batas akhir, projek yang sudah mendekati deadline dan lain-lain.

2. Ada tugas yang urgent tetapi tidak important
Misal panggilan telpon atau sms, perbaiki atap bocor di musim hujan, dan lain-lain.

3. Ada tugas yang tidak urgent tetapi important
Misal perhatian kepada anak/keluarga, perencanaan projek, perencanaan keuangan keluarga, dan lain-lain.

4. Ada tugas yang tidak urgent dan tidak important
Misal menonton infotainment, bermain game, chatting/telepon yang tidak perlu, dan lain-lain.

Di bukunya Steven Covey menekankan agar lebih fokus pada jenis nomor tiga melalui cara menekan tugas-tugas pada nomor dua dan empat. Pendek katanya, kita perlu mengetahui terlebih dahulu apa yang menjadi target/tujuan/goal. Segala sesuatu yang akan menunjang tercapainya target itu merupakan hal-hal yang penting, dan sesuatu itu yang seharusnya didahulukan.

Tetapi sering kita temui jenis yang nomor satu ketika mengerjakan sesuatu, namun dengan menekankan tugas-tugas pada jenis yang ketiga, maka jenis yang pertama (nomor satu) akan menjadi turun. Meskipun tidak akan menjadi nol, karena hal-hal yang sifatnya important dan urgent akan selalu ada. Seseorang yang efektif akan memiliki ruang kerja yang luas pada jenis ketiga dan sempit pada jenis kedua dan keempat.

Photo: filmstarts.de
Sumber: email

Aktual / Dunia Kerja fokus / Important / kehidupan / kerja / penting / ruang kerja / sehari-hari / sesuatu / sifat / Urgent /

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>