Gejala Stres Tingkat Tinggi

Sering kali orang yang tidak menyadari bahwa dirinya sedang stres. Apalagi tanpa menyadari adanya gejala stres tingkat tinggi. Jangan menyepelekan stres, karena akan berbahaya untuk kesehatan kita. Sebenarnya perkataan stres biasa digunakan untuk mengartikan reaksi seseorang ketika menghadapi suatu masalah khususnya masalah yang berat. Kondisi stres dapat muncul karena hal-hal yang sifatnya sepele, misalnya ketika terjebak keadaan macet. Atau kejadian serius yang dapat mengubah hidup seseorang, misalnya kematian orang terdekat atau orang tercinta, atau saat menjelang pernikahan.

Stres dapat bersifat positif, ketika tingkat stres dalam porsi yang sedang-sedang saja, karena daat  membangkitkan sistim kekebalan serta mengasah otak. Tetapi stres berat bisa menyebabkan berbagai masalah lainnya juga rentan penyakit. Stres bisa memicu penyakit maag, asma, migren, dan darah tinggi. Menurut hasil penelitian yang terbaru menunjukan bahwa tingkat stres yang berat dapat memperburuk penyakit degeneratif kronis yaitu suatu penyakit yang menyerang fungsi-fungsi organ atau jaringan tubuh seperti penyakit rematik. Selain itu stres yang tersembunyi malah akan lebih berbahaya bagi kesehatan karena anda sendiri tidak menyadari adanya masalah.

Stres yang berlebihan dapat membuat kita tidak menyadari adanya kehadiran stres itu sendiri. Berikut ini beberapa gejala yang merupakan ciri-ciri tingkat stres yang tinggi :

 - Gangguan kulit seperti kulit kering dan mengelupas.
 - Mengencangkan kedua rahang disertai rasa kesal.
 - Sering terserang flu.
 - Gangguan fungsi seksual.
 - Susah tidur di malam hari mengalami mimpi buruk, resah disaat tidur.
 - Susah berbicara.
 - Keringat yang berlebihan 
 - Gangguan koordinasi antara pikiran dan gerak.
 - Cemas.
 - Sakit leher, belakang atau pundak.
 - Migren atau ketegangan yang mengakibatkan sakit kepala
 - Kelelahan yang berkelanjutan.
 - Susah konsentrasi.
 - Kelakuan yang menjengkelkan.

Photo: emkplacental.com

7 comments on “Gejala Stres Tingkat Tinggi

  1. AHA October 14, 2008 10:15 am

    cara mengatasinya gimana? he2… bersambung ya?

  2. Di February 17, 2009 1:08 pm

    Saya pernah mengalami salah satu gejala itu. Ternyata penyebabnya stress.
    Terimakasih tipsnya.

  3. lince April 27, 2009 6:38 pm

    saya mengalami beberapa hal tersebut di atas dan saya akui memang itu akibat stess karena aktifitas saya terlalu banyak serta tekanan di tempat kerja yang banyak

  4. cantik August 7, 2009 9:27 pm

    aku sekarang mengalami stres berat karna di tinggalkan oleh pacar saya…..saya sering melakukan hal2 yang tidak wajar.saya takut kalau keterusan sampe jd gila…..

  5. cantik December 3, 2010 10:41 pm

    cantik nggak usah sampai sters deh kalau hanya tinggal pacar itu hanya soal kecil

  6. ayu June 14, 2011 5:13 pm

    sy sedang mengalami semua hal itu akibat tekanan hidup :(

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>