Meningkatkan Daya Ingat

Adakalahnya kita merasa kemampuan otak untuk mengingat sudah mulai menurun dan merasa sering lupa. Sebenarnya lupa merupakan proses permulaan untuk mengingat sesuatu. Kemampuan daya ingat manusia umumnya terbagi menjadi tiga tingkatan yaitu mengingat, merekam, dan mendapatkan kembali. Nah untuk melatih kita agar kita dapat meningkatkan daya ingat antara lain dengan:

  • Memasukkan perasaan kita ke dalam suatu ingatan, sesuatu yang diingat dengan perasaan adakalahnya akan susah dilupakan, misal anda mempunya kenangan indah dengan seseorang yang anda cinta, tentu susah dilupakan?
  • Melatih memori atau ingatan dengan kegiatan yang dapat meningkatkan daya ingat. Misal berhitung, mengisi teka-teki silang, atau quiz. Kegiatan permainan tersebut dapat melatih daya ingat sehingga kualitas otak tidak menurun.
  • Mulailah dengan gaya hidup yang sehat, antara lain dengan perbanyak makan makanan yang mengandung riboflavi, thiamine, vitamin B yang akan meningkatkan kemampuan otak untuk mengingat. Juga menjaga kondisi tubuh, hindari stress. 
  • Terus berlatihlah dengan ingatan anda. Cobalah untuk mengingat kembali kejadian/hal yang lalu untuk melatih mempertajam daya ingat.

Mungkin kawan-kawan bisa menambahkan?

19 comments on “Meningkatkan Daya Ingat

  1. indo-trans September 14, 2008 4:25 pm

    kl minum ginkogiloba membantu gak :smile: :smile: :smile: :smile: :smile: :smile: :smile: :smile:

  2. Angka31 September 14, 2008 4:30 pm

    Menghafal nomer telepon dari teman, kawan, famili, pacar, mantan pacar dst..

    Dulu saya bisa hafal sekitar 100an nomer telepon (tatkala belum punya HP), sekarang kok suseh ya, hmmm… :idea:

  3. izandi September 14, 2008 5:38 pm

    hmm.. boleh juga nih

  4. Sumintar September 14, 2008 6:16 pm

    Wah artikelnya selalu mengena ke saya,
    umur udah 44 tahun, sering lupa,

    semoga setelah menjalankan tip ini jadi tidak mudah lupa lagi

  5. irene September 14, 2008 8:01 pm

    wah bole di coba,
    soal’a ingatan.Q parah bgt, dah hampir kronis

  6. aha September 14, 2008 8:09 pm

    wah gambarnya lucu..he2. isinya mantap….

  7. David Pangaribuan September 14, 2008 8:34 pm

    Ide yang menarik, dan coba untuk diterapkan deh …, semua ilmu baru dan pengalaman oleh orang lain akan memberikan kita kekuatan dan pengetahuan. Pengetahuan akan menghilangkan ketakutan.

    salam

  8. Cerita September 14, 2008 9:43 pm

    Sip mas, btw melatih mengeluarkan inspirasi yang ada lewat ngeblog uga bisa membantu daya ingat ngga mas :D ?

  9. pLuTo September 14, 2008 10:37 pm

    wahhh daya inget aku kurang bangget mas.alias lemottt, gara2 onan… sensor aje, hehehe ngaruh ga ya. :oops:

  10. anggi May 25, 2009 3:46 pm

    :roll:
    hmm,, kalo tips cara mengetahui bakat gmana??

  11. WatwatiE June 18, 2009 8:39 pm

    Hmm p0int ptama blh juga tuch. Aq tuch g suka plajarn matematika tp pass guruy d gnt ma yg gntheng he he tetep z g nyngkut d otak tp lbh ke malu lah prasaan emg d libatkn, m0so seh g maximal d depan guru kecengan. G bgt yeah gw

  12. Daryanto July 24, 2009 12:40 am

    Aku jg mempunyai masalah dengan daya ingat. Aku tuh sering lupa. Apalagi kalo mengingat kata-kata. Gimana caranya ya? Untuk bs mengingat kata, karena aku sedang kursus bahasa inggris. Tolong kasih tahu caranya.

  13. rice August 1, 2009 6:31 pm

    klo berjanji ucapkan INSYA ALLAH..
    jg akan memperkuat daya ingat kita
    Insya Allah.. :smile: :smile:

  14. Obouey June 12, 2011 7:20 pm

    btw..ane baru ni…join. trick yang cepatnya ada gak ?

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>