September 14, 2008 - admin

Meningkatkan Daya Ingat

Adakalahnya kita merasa kemampuan otak untuk mengingat sudah mulai menurun dan merasa sering lupa. Sebenarnya lupa merupakan proses permulaan untuk mengingat sesuatu. Kemampuan daya ingat manusia umumnya terbagi menjadi tiga tingkatan yaitu mengingat, merekam, dan mendapatkan kembali. Nah untuk melatih kita agar kita dapat meningkatkan daya ingat antara lain dengan:

  • Memasukkan perasaan kita ke dalam suatu ingatan, sesuatu yang diingat dengan perasaan adakalahnya akan susah dilupakan, misal anda mempunya kenangan indah dengan seseorang yang anda cinta, tentu susah dilupakan?
  • Melatih memori atau ingatan dengan kegiatan yang dapat meningkatkan daya ingat. Misal berhitung, mengisi teka-teki silang, atau quiz. Kegiatan permainan tersebut dapat melatih daya ingat sehingga kualitas otak tidak menurun.
  • Mulailah dengan gaya hidup yang sehat, antara lain dengan perbanyak makan makanan yang mengandung riboflavi, thiamine, vitamin B yang akan meningkatkan kemampuan otak untuk mengingat. Juga menjaga kondisi tubuh, hindari stress. 
  • Terus berlatihlah dengan ingatan anda. Cobalah untuk mengingat kembali kejadian/hal yang lalu untuk melatih mempertajam daya ingat.

Mungkin kawan-kawan bisa menambahkan?

Health/Kesehatan daya / fikiran / ingat / Meningkatkan / otak / tajam /

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>