September 2, 2008 - admin

Karang Gigi

Karang gigi (Calculus) merupakan kumpulan plak termineralisasi (pembentukan mineral seperti “batukarang”) yang menempel pada permukaan gigi. Berdasarkan lokasinya, karang gigi ada di supragingiva (permukaan gigi diatas gusi) dan di subgingiva (permukaan gigi di bawah gusi).
Karang gigi terutama timbul pada daerah-daerah gigi yang sulit dibersihkan.

Akibat dari adanya karang gigi
Karang gigi ini menjadi tempat melekatnya kuman-kuman di dalam mulut. Akibatnya dapat menyebabkan berbagai penyakit gusi, seperti radang gusi (gingivitis) yang ditandai dengan gusi tampak lebih merah, agak membengkak, dan sering berdarah saat menggosok gigi.
Hal ini dapat berlanjut menjadi radang jaringan penyangga gigi lainnya (periodontitis) bila tidak segera dirawat. Bila sudah tahap ini dapat menimbulkan gigi goyang karena jaringan penyangga gigi sudah rusak.

Lihat gambar dibawah ini contoh gambaran Periodontiti.

Juga yang tidak kalah sering terjadi, karang gigi dapat menyebabkan bau mulut tidak enak. Hal ini yang dirasa paling mengganggu.

Cara mengurangi timbulnya karang gigi
Terbentuknya karang gigi dapat pada semua orang, dan proses terbentuknya tidak dapat kita hindari namun dapat kita kurangi. Cara untuk mengurangi terbentuknya karang gigi adalah :

Pertama
adalah dengan rajin menjaga kebersihan gigi, yaitu dengan menyikat gigi minimal dua kali sehari secara benar dimana semua bagian-bagian gigi tersikat bersih. Juga jangan lupa untuk menggosok gusi dengan lembut perlahan-lahan. Untuk gusi rahang atas, gerakan sikat gigi dari atas ke bawah, dan untuk gusi rahang bawah gerakan sikat gigi dari bawah ke atas. Hal ini dapat menghalangi terbentuknya karang gigi.

Kedua adalah rajin kontrol ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali untuk membersihkan karang gigi. Karena hanya dengan alat-alat kedokteran gigi saja karang gigi dapat dibersihkan.
Karang gigi tidak dapat hilang bila hanya dengan menggosok gigi atau berkumur dengan obat kumur.

Health/Kesehatan / keluarga / Kids batu karang / calculus / goyang / gusi / karang gigi / kuman / penyangga / plak / supragingiva /

Comments

  • Nah ketemu deh tipnya, selama ini saya tidak pernah datang ke dokter gigi. yang pakde tahu adalah datang ke dokter gigi, karena sakit gigi saja ukang karang gigi.
    Maaf dan trip info yang sangat bermanfaaat itu.

  • edwin says:

    thx infonya…..

    tp, jaman sekarang banyak orang yang ngga peduli sama kesehatan gigi. :neutral:

  • aoliah says:

    makasih atas artikle karang gigi’y.tapi aku masih belum ngerti kalo karang gigi terbentuk karena apa?ada ga kebiasaan yang mengakibatkan terbentuknya karang gigi?

  • echi says:

    Thanks to info na…

    tapi aq mao nanya, walaupun dah d bersihin kok karang gigi itu cepat bgt timbulnya pada gigi? knpa bgitu?

  • suharyo says:

    salam kenal..
    ada ga obat herbal yang dapat menghilangkan karang gigi??
    terima kasih..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>