August 30, 2008 - admin

Kacamata Untuk Anak

Kacamata sangat penting bagi penderita rabun dekat atau jauh, apalagi buat anak-anak yang masih dalam masa perkembangan dan banyak aktifitas, sehingga dalam memilih kacamata untuk anak sebaiknya kita perlu mempertimbangkan beberapa aspek. Hingga kini terdapat banyak pilihan kacamata untuk anak, pada waktu lalu desain kacamata yang digunakan untuk anak adalah warna pastel dan cerah. Sebagai seorang konsumen Anda bisa saja meminta kepada ahli optik agar dapat memberi saran kepada Anda mengenai desain yang pas dan sesuai untuk anak Anda serta kacamata tersebut dapat memberikan kesan rasa nyaman. Selain itu mintalah petugas optik agar memberikan nasehat kepada anak Anda mengenai bagaimana cara merawat kacamata tersebut dengan baik.

Bahan frame yang cocok adalah yang terbuat dari bahan plastik. Untuk saat ini desain yang terbuat dari plastik telah banyak tersedia dalam berbagai bentuk yang dapat dipergunakan oleh anak Anda. Keuntungan pemakaian kacamata dari bahan plastik karena plastik tidak mudah rusak dan kecil kemungkinan terjadinya alergi pada kulit. Selain itu bahan dari titanium atau stainless steel juga bisa dipertimbangkan karena cukup kuat, tipis dan ringan. 
 
Dan aspek apa saja yang perlu dipertimbangkan ketika memilih kaca mata untuk anak Anda:

  • Pilihlah frame yang pas dan sesuai dengan bentuk wajah anak dengan risiko harus sering kali disesuaikan atau diganti. Penyesuaian pada bentuk tersebut harus tepat agar kacamata bertumpu pada hidung dan bukan pipi. Jika bertumpu pada pipi, bulu mata akan menempel pada lensa kacamata sehingga dapat mengganggu juga akan menyebabkan lensa tergores.
  • Kulit anak lebih dapat mentoleransi iritasi, lebih fleksibel, dan elastis serta lebih tahan terhadap tekanan dibanding orang dewasa. Sehingga tampaknya anak akan lebih cepat beradaptasi terhadap kacamatanya. Tugas orang tua adalah untuk benar-benar yakin bahwa kacamata itu telah sesuai untuk anaknya.
  • Dalam pemilihan frame kacamata harus diperhatikan untuk memilih bahan yang tahan panas supaya tidak berubah bentuk akibat perubahan panas, ringan, tahan lama dan fleksibel. Tepinya diupayakan yang tidak tajam. Pilih juga lensa dengan indeks refraksi tinggi agar lensa dapat lebih tipis dan tidak mudah tergores.
  • Bagi anak Anda yang telah beranjak dewasa, maka pikirkankan bahwa mereka juga sudah memiliki gaya sendiri atau selera sendiri sehingga Anda bisa meminta mereka memilih kacamata model mana yang akan mereka pakai.

Photo: fashion.org

keluarga / Kids anak / bentuk / desain / fashion / kacamata / mata / model / optik / orang tua /

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Ingin tulisan tampil di F-Buzz.Com website?
ingin blog anda untuk lebih dikenal dan lebih banyak pengunjung?
Klik disini
'