August 19, 2008 - admin

Sakit Di Lutut Pada Anak-Anak

Anak-anak dalam masa pertumbuhan / usia sekolah, aktif melakukan gerakan-gerakan atau berolahraga. Dalam keaktifannya itu bisa terkena penyakit Osgood-Schlatter; yakni suatu kondisi yang menyerang anak-anak dan menimbulkan rasa sakit hanya pada daerah sekitar lutut, atau penyakit Sever; suatu kondisi yang juga menyerang anak-anak namun mengakibatkan rasa sakit pada bagian belakang dari tumit. pada anak-anak; tulang panjang dan kuat sebagai tulang panjang pada kaki; tumbuh lebih panjang dari masa akhir pertumbuhan tulang dan epifisis merupakan daerah pada tulang yang dapat tumbuh.

Sementara urat otot yang melekat ke tulang terdapat pada bagian ujung tulang. Ketika tulang sedang aktif-aktifnya tumbuh, maka melakukan sesuatu kegiatan dengan penuh semangat dapat menyebabkan otot-otot menekan bagian episifis, sehingga bisa terjadi iritasi dan dapat timbul pembengkakan yang dapat mempengaruhi hubungan pertumbuhan tulang. Pembengkakan dengan rasa sakit itu sebagai penyakit Osgood-Schlatter bila terjadi pada daerah lutut dan ketika pembengkakan dan timbul rasa sakit pada daerah tumit belakang dikenal dengan sebutan peyakit Sever. Kedua kondisi tersebut terjadi kebanyakan pada anak-anak yang berusia antara 10-15 tahun dan lebih sering pada anak-anak yang aktif. Kebanyakan pada anak laki-laki dari pada perempuan. Kadang-kadang untuk penyakit Sever bisa terjadi pada anak-anak yang berusia 8 tahun.

Tanda dan Gejala
Gejala yang timbul pada penyakit Osgood-Schlatter dan Sever hampir sama, terutama terjadinya pembengkakan yang di sertai dengan rasa sakit pada kaki. Hanya saja untuk Osgood-Schlatter pada bagian depan kaki di sekitar lutut, sedangkan Sever rasa sakit dan bengkaknya pada bagian belakang tumit. Rasa sakit tersebut datang dan pergi, namun bertambah parah jika dipakai untuk berlutut, berlari dan berlompat-lompat. Bahkan dapat menjadi parah ketika seorang anak berhenti dari berolah raga untuk sementara atau saat beristirahat.

Biasanya terjadi pada satu lutut, apakah lutut kanan maupun lutut yang kiri. Tetapi mungkin juga mengenai bagian tumit sekaligus atau pada kedua belah kaki. Seorang anak yang berusia10-15 tahun beresiko terkena kondisi tersebut jika mereka sangat aktif dan melakukan olah raga dengan main-main misalnya berlari ataupun melompat dan melakukan peregangan otot pada bagian bawah kaki. Sebenarnya wajar bagi anak-anak seusia itu dalam masa-masa pertumbuhanya aktif berolah raga sehingga tidak ada cara untuk mencegah munculnya pembengkakan dengan rasa sakit pada kedua tempat tersebut. Namun cara-cara olah raga yang aman dapat dianjurkan sebagai usaha untuk mengurangi atau meminimalkan timbulnya penyakit ini.

Kondisi tersebut dapat dideteksi dengan adanya gejala-gejala fisik dan tanda-tanda yang nampak pada anak-anak yang yang aktif . Kebanyakan hal, dilakukan foto rontgen atau bila perlu dilakukan tes darah bagi seorang anak yang terkena penyakit ini serta memiliki gejala-gejala khusus. Termasuk misalnya kalau disertai deman, sakit yang bertambah parah, sakit pada saat istirahat atau sakit yang dapat mengakibatkan anak terbangun dari tempat tidurnya pada waktu tengah malam. Seorang anak yang menderita penyakit ini biasanya dapat diatasi atau disembuhkan dalam jangka waktu 1 hingga 2 tahun.

Tidak ada efek yang mengganggu kemampuan gerak anak-anak dalam beberapa tahun kemudian setelah menderita penyakit ini. Sementara pengobatannya termasuk mengistirahatkan daerah yang sakit untuk tahap penyembuhan. Hal ini berarti menghindarkan diri dari aktivitas yang dapat meyebabkan rasa sakit pada daerah lutut tersebut, diantaranya gerakan berlutut, lompat-lompat atau berlari-lari. Biasanya tindakan membalut tidak begitu diperlukan, kecuali sakit yang dirasakan sangat berlebihan sehingga anak tidak dapat berjalan. Dalam hal ini, anak harus dicek untuk melihat jika ada sebab lain yang menyebabkan sakit. Mengompres dengan es pada daerah sekitar yang terkena juga dapat membantu. Pengobatan dengan menggunakan obat antiradang non-steroid juga bisa membantu juga.

Pada Osgood-Schlatter, mengenakan bantalan elastis yang ditempatkan diatas lutut dapat melindungi dari iritasi yang jauh dari lutut. Sedangkan pada Sever, meninggikan hak sepatu seperempat dari otot-otot tumit ketika berjalan. Bila bagian akhir dari tulang yang tumbuh mungkin tidak sembuh dari Osgood-Schlatter setelah ujung-ujung tulang menyatu, maka kondisi ini bisa menimbulkan sakit lanjutan. Pada kasus ini, bagian tersebut dapat disembuhkan dengan melalui tindakan bedah. Apa yang terjadi setelah dilakukan pengobatan pada penyakit ini? Pengobatan dengan menggunakan obat antiradang non-steroid dapat menyebabkan gangguan pada daerah perut atau timbulnya reaksi alergi. Jika tindakan pembedahan akhirnya diperlukan, berisiko tinggi pula, akan terjadinya gangguan pada perut dan reaksi alergi terhadap anestesi. Hal ini juga berpotensi terjadinya infeksi dari tindakan operasi.

Photo: kidspalacelearningcenter.com

Health/Kesehatan / keluarga / Kids anak / infeksi / lutut / operasi / pengobatan / sakit / sendi / tulang /

Comments

  • Artikel iang oke banget,

    Maaf sepertinya saya belum tahu,
    sampean itu dokter atau akhi kesehatan mas, kok tahu semua permasalahan kesehatan.

    Salam kenal dan sukses.

  • admin says:

    Ga pakde, chika cuma suka baca2 aja koq kebetulan artikel keluarga :roll:

  • jessy says:

    Sy 17 tahun, suka latihan basket.. Khusus latihan terakhir lumayan berat..
    Lutut sy mulai sakit bbrp hari lalu.. Sakit kalau digerakkan lumayan kencang
    , n bengkak dikit..
    Ini schlatter kah??

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Ingin tulisan tampil di F-Buzz.Com website?
ingin blog anda untuk lebih dikenal dan lebih banyak pengunjung?
Klik disini
'