July 30, 2008 - admin

Penyebab dan Gejala Kanker Leher Rahim

Mari kita membahas mengenai penyebab dan gejala kanker leher rahim, tapi sebelumnya kita perlu tahu apa sich kanker leher rahim tersebut? “Kanker leher rahim” adalah tumor ganas yang tumbuh di daerah leher rahim (serviks), yaitu suatu daerah pada organ reproduksi wanita yang merupakan pintu masuk ke arah rahim yang terletak antara rahim (uterus) dan liang senggama (vagina). 

Kanker lehar rahim terjadi jika sel-sel yang ada di daerah tersebut membelah secara tak terkendali dan menjadi abnormal. Jika sel-sel tersebut terus membelah, maka akan terbentuk suatu massa jaringan yang disebut tumor. “Tumor” dapat bersifat jinak atau ganas. Jika tumor tersebut menjadi ganas, maka keadaanya disebut sebagai kanker leher rahim.
 
Penyebab kanker leher rahim
Penyebab dari terjadinya kelainan pada sel-sel leher rahim tersebut tidak diketahui secara pasti, tetapi terdapat beberapa faktor resiko yang dapat berpengaruh terhadap terjadinya kanker serviks tersebut :

1. HPV (Human Papilloma Virus)

HPV adalah suatu virus yang dapat menyebabkan terjadinya kutil pada daerah genital (kondiloma akuminata), yang ditularkan melalui hubungan seksual. HPV sering diduga sebagai penyebab terjadinya perubahan yang abnormal dari sel-sel leher rahim.
2. Merokok
Tembakau dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh dan mempengaruhi kemampuan tubuh untuk melawan infeksi HPV pada serviks.
3. Hubungan seksual pertama dilakukan pada usia dini
4. Berganti-ganti pasangan seksual

5. Gangguan sistem kekebalan tubuh
6. Pemakaian pil KB
7. Infeksi herpes genitalis atau infeksi klamidia menahun

Gejala Kanker Leher Rahim
Pada awalnya perjalanan penyakit dari kanker leher rahim dapat berupa pembakal kanker atau lesi prakanker. Perubahan prekanker ini biasanya tidak menimbulkan gejala dan tidak terdeteksi kecuali jika wanita tersebut menjalani pemeriksaan panggul atau pap smear.

Gejala biasanya baru muncul ketika sel serviks yang abnormal berubah menjadi keganasan dan menyusup ke jaringan sekitarnya. Pada saat ini dapat timbul gejala seperti gangguan menstruasi, perdarahan vagina, serta keputihan.

Jika kanker berkembang makin lanjut maka dapat timbul gejala-gejala seperti:
• Berkurangnya nafsu makan, penurunan berat badan, kelelahan
• Nyeri panggul, punggung dan tungkai
• Keluar air kemih dan tinja dari vagina
• Patah tulang

Mencegah lebih baik daripada mengobati, kenali dini diri dan tubuh anda, termasuk pencegahan kanker leher rahim ini.

wanita gejala / herpes / HPV / kanker leher rahim / leher / liang / merokok / penyebab / rahim / serviks / uterus / wanita /

Comments

  • siti massitoh says:

    haii semua para wanita yok qt mencegah penyakit ni dgn cara minum ramuan
    herbal dari KELADI TIKUS ,ni q jual KELADI TIKUS dgn harga murah loh,klo mau
    add q y di FB siti massitoh ,ok,,,,

  • chesab says:

    mba,,,, trus gimana dnk cara mencegah kangker yang satu ini,,,,,
    tolong kirimin ke email ku yah
    makasih :)

  • Aria says:

    sudah sejak 1 minggu setiap saya buang air kecil terasa perih, dan ada
    luka di vagina saya. kira-kira apakah itu gejala kanker rahim..?? saya
    juga pernah keputihan, tp sekarang sdh smbuh. klo memang itu adlah
    gejala kanker rahim, bagaimana cara mengobatinya..?? sya tdk mau
    penyakit ini semakin parah. Terima kasih, saya tnggu balasannya, dan
    saya yakin tidak hanya saya yg membutuhkan
    Terima Kasih

  • lenna says:

    sy juga ngalami keputihan ngga sembuh2 ..
    apa ada obta’y ? mhon dbls ,

  • reren says:

    . Av kanker rahim bisa d’sembuhkan ??
    Dgn cara av pngobatan ny ?
    Tlong dblz , thnk’s

  • yanti says:

    Slm knal. Aq sdh menikah 4 th,umrq skrg 28 th dan blm punya keturunannan.
    dah 2 bulan ini,aq haid sebln 2kali. Apakah itu termasud gejala kanker rahim
    Aq takut skali……mhn beri tanggapan !!!!!

  • ety,29 th says:

    sy mau tanya….tanda2 kanker serviks itu seperti apa????????????
    soalnya sekitar umur 18 thn sy haid hmpr 15 hr,stlh itu ada bau nya jg…
    sekarang sy sdh menikah,3 minggu yg lalu vagina sy gatal2….tp
    alhamdulillah stlh di beri pembersih wanita gatal2 di vegina sy hlg..
    mhn penjelasannya

  • lina kemal says:

    apakah kalau kita mengalami keputihan akan terkena kanker rahim mohon penjelasannya

  • Kartika says:

    Cara pencegahannya gmna?
    Trus klo misal sudah terfonis kanker rahim ap ada penyembuhan secara
    tradisonal atau mungkin dgn fisioterapi?

  • lucia says:

    aku wanita berusia 23th.aku menikah di usia 18th.dan di bulan desember 2010 kemaren aaku baru melahirkan anak ke-2.tp sayang bayiku meninggal karena pda saat aku hamil mengalami kelainan yaitu kembar air ketuban.tp sekarang sudah selang hampir 6bulan aku melahirkan aku masih mengalami mens yg tidak normal.aku jg sudah melakukan suntik KB yg 3bln.dan kadang setelh dipkai berhubungan dengan suami kadang terus malamny atau besok pginy mengeluarkan darah..tpi hanya sedikit dan di hari itu saja…apakah ini kemungkinan karena kurang bersihnya darah kotor setelah melahirkan/mungkin ini penyakit?mohon bantuannya..terima kasih

  • stephanijutek@ymail.com says:

    saya wanita berumur 18 tahun saya belum menilkah tapi say pernah melakukan sama pasangan saya sewaktu saya melakukan saya mengeluarkan darah dan darah beku yang seperti hati ayam yadan mengeluar khan darah sangat bnyak hingga 2 minggu.itu apakah gejala kangker serviks

  • SITI JULAIHA says:

    usia saya 36 th, sudah menikah 13 th belm punya keturunan, saat haid terasa sakit, 1 minggu setlh haid kadang ada cairan kekuningan, apakah itu tanda2 kanker ? dan apakah ada kemungkinan saya mempunyai keturunan ? tolong jawab ya……..terima kasih !!!

  • X says:

    Sekarang sih sudah ada imun untuk kanker serviks. Penyuntikannya biasanya berkala. pada umumnya sih 3 kali. Sakit banget sih pas pertama x nyuntiknya, soalna obatnya brbtk liquid minyak, bukan cairan encer. Harganya lumayan lah, tapi mending daripada terapi kemo kan?

  • echa says:

    saya echa umur 22 th . . . saya bl menikah tapi say sering melalkukan hub intim sama pasangan saya . . . saya hanya ingin tau . . . bagaemana cara pencegahan kanker servick ini . . .

  • yuliana says:

    saya berusia 27 th.udah 3 bulan saya mengalami keputihan yang kental
    dan agak berbau.apa penyebabnya dan cara pengobatannya seperti
    apa? saya sudah periksa kebidan tapi tidak ada hasilnya.mohom penjelasannnya terima kasih

  • amandha says:

    saya berumur 18th belum menikah, tpi akhir2 ini perut bagian bawah saya sakit sekali. apakah itu trmasuk gejala kanker rahim? dn saya tidak prnah melakukan hbungan suami istri. mohon jawabannya

  • srie handayani says:

    saya berumur 29 thn. sudah menikah 5 bulan. Terakhir2 ini saya sering terkena infeksi saluran kencing ( dokter umun sich bilangnnya begitu ).Berawal dari anyang2an sampai yang sakitnya luar biasa sekali. sudah 4x saya terkena penyakit tersebut. Jika terlambat di obatin kencing saya mengeluarkan darah segar. kalo sudah sekali or 2 kali minum obat,kencing saya normal kembali. AApakah itu gejala dari kanker serviks? Saya tidak mau langganan penyakit tersebut. Mohon penjelasannya. Saya takut ini berpengaruh ke kandungan saya. Mohon balas ke email saya. Terima Kasih

  • umie says:

    artikelnya sangat bagus

  • eka kartika says:

    Saya eka usia 30 thn,saya mau tanya nih kok saya udh. 2 bulan haidnya ngak berhenti ya?saya jg sering merasakan nyeri di pinggng, dan jg ada perubahan sama darah kotor yg keluar tdk spt biasanya,kl saya melakukan aktifitas yg agak berat sering nyeri di pinggang dan haidnya semakin keluar. Mohon penjelasannya ya trimakasih

  • Dewi Rosita says:

    Bak, mw tnya….
    Klo sering keputihan tu, termasuk gejala kanker rahim ya bak………!!!!!!!!
    Mhon bntuanx….

  • Fahmi says:

    Ibu saya usia 55 thn, sudah monopos tapi 2 bulan belakangan ini
    Tiap bulan selalu keluar darah seperti menstruasi.
    Apakah hal itu termasuk gejala kanker rahim?
    Mohon penjelasannya terimakasih……

  • lia says:

    saya seorang ibu rumah tangga yg juga bekerja,pada awalnya saya
    menggunakan KB suntik yg 3 bulan sekali,tidak pernah ada keputihan
    kalo ada pun y mau menjelang haid yg siklusnya hanya 3 bulan sekali
    pada saat menjelang di suntik KB,3 bulan yg lalu sy ganti KB dengan KB
    suntik yg 1 bulan sekali,tapi selalu ada keputihan yg sifatnya kental
    tapi tdk berbau dan tidak berwarna hnya bening, dan siklus haid sya
    tidak lancar,untuk melaNCARKAN HAID sebulan lalu sy berhenti KB,saya
    mendapatkn Haid yg hanya sekitar 5 hari setelah itu sy mendapat sakit
    cacar air dan haid saya berhenti,setelah cacar air sy sembuh haid mulai
    ada lagi hingga sekarang(sudah 1 minggu lebih),sya mau tanya apakah
    penggunaan KB suntik yg terlalu lama jga berpengaruh trhdap siklus
    haid?dan siklus haid yg saya dapat bisa sebulan 2 kali dan dalam jangka
    wakyu lama juga berpengaruh terhadap gejala kanker rahim?saya mohon
    penjelasannya.tks

  • stacia says:

    apakah pada penderita kanker mulut rahim masih ada kmungkinan bisa hamil?
    atow gejala dr awal kankel mulut rahim itu salah satunya brhentinya menstruasi?
    apakah ada kmungkinan sprti itu?

  • sundari says:

    Saya usia 31 tahun,sudah menikah, yg ingin saya tanyakan saat ini saya mengalami rasa gatl. Yg luar biasa divagina saya jg tumbuh spt macam kutil,dan kalo berhubungan dng suami sayapun kadang merasa kesakitan apa itu jg termasuk gejala kanker serviks dan bagaimana pengobatannya? Terima kasih,dan mohon balasannya

  • Ella says:

    NmaQu eLla..

    Akhr” nie, qu sring Keputihan, trz Warna’a agak Putih, trz kya lendir Gitu..tpi ngk Bau.
    And di Bagian Miss V jga Terasa Gatal. Gatal’a itu lo, ngak tahan.. Rasanya Pingin Garuk aja..

    Yg jdi prtanyaan, apa ini ada Hubungan’a dgn Gejala Kanker(serviks).?
    Mohon Kejelasan’a..:)
    jwban’a di E-mail aku aja Ya..
    Makasih:)

  • rina says:

    aq rin, kemarin aq sih gatal2, keputian terus menerus.. terus saat behubungan intim aq keluar darah segar gitu.. ternyata aq terkena polip seviks,,pengobatannya ya pemuniran polip nya skalian kuret..mending kalo temen2 ada gatal2 terus bau g enak, keputian kayak keju mending d periksain langsung aja… mending mencegah dari pada terlambat….

  • iwan says:

    saya mao tanya, jika dalam 3 bulan lebih tidak mengalami datang bulan, apa itu salah satu ciri2 terkena kanker rahim. soalnya kemaren setelah kami cek USG tidak ada dan test pun juga tidak ada. keterlambatan datang bulan itu pengaruh dari penyakit itu, tolong diberikan masukan dan pengobatannya seperti apa ?
    terimakasih.

  • 1 2 3 4

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>