Penghargaan Diri

Definisi “penghargaan diri” dapat dinyatakan sebagai suatu reputasi yang kita miliki sendiri. Hal ini bukan suatu perasaan atau suatu perlengkapan baru atau suatu pujian. Pakaian baru, pujian dan semua yang bersifat sementara membuat kita merasa baik untuk sesaat, tetapi mereka memiliki suatu kualitas yang cepat terhadap sesuatu yang diperlukan untuk dipertahankan sesering perubahan badai dalam kehidupan kita. Semua yang bersifat sementara ini tidak akan bertahan lama atau permanen.

Penghargaan diri dicari oleh kita dan untuk kita, dan tidak diberikan secara alami oleh alam kepada beberapa orang tidak juga pada orang lain. Kita dilahirkan tidak serta merta dengan suatu penghargaan diri yang tinggi tetapi memerlukan suatu cara atau orang lain jika kita berjalan mengarungi kehidupan dengan kedamaian dan kerukunan. Beberpa diantara kita memperoleh penghargaan diusia awal dan sebagian lagi harus bekerja sangat panjang dan keras untuk mendapatkan reputasi yang baik agar kita mampu mewakili siapa sebenarnya kita.

Ketika kita menemukan penilaian diri kita, tidak berarti kita tidak akan pernah tahu kepedihan, kesengsaraan, kegelisahan dan depresi, tetapi kita akan mengalami keadaan ini dan kita tidak dapat mengatasinya sesegara mungkin jika kita tidak selalu memacu diri kita.
Menghormati nilai dan peranan kita melibatkan penerimaan terhadap diri kita, menyusun harapan yang realistis, memaafkan diri kita dan orang lain, mengambil resiko, percaya dan mengepresikan diri. Hal ini tercermin pada penghormatan kreativitas kita, pikiran, tubuh, dan kepercayaan diri.
Nathaniel Branded, penulis “The Six Pillars of Self-Esteem” dan “The Psychology of Romantic Love,” mengatakan bahwa ada tiga tantangan dalam hidup yaitu:

  • memiliki kemampuan untuk merawat diri sendiri secara independen,
  • mengembangkan kompetensi pada semua hubungan
  • daya tahan.

Kita semua pernah merasakan kepedihan dan kekalahan, tetapi elemen yang lebih penting di sini adalah kita pasti kembali ke arena. Ini merupakan tanda penghargaan diri yang yakin. Kehidupan akan memukul jatuh kita tetapi penilian diri kita mengatakan bahwa pengalaman terjadi pada kita tetapi bukan terjadi pada siapa diri kita.

Ada enam prinsip penghargaan diri menurut Branden, yaitu Jalani hidup dengan penuh kesadaran, penerimaan diri, tanggung jawab terhadap diri sendiri, ketegasan diri, hidup dengan tujuan yang jelas dan integritas diri. Mari kita lihat reputasi yang telah kita miliki atau akan kita capai.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>