July 20, 2008 - admin

Selaput Dara

Setiap manusia memang dilahirkan berbeda. Perbedaan itu tampak nyata dan mudah ditemukan dari banyak hal, mulai dari jenis kelamin, wajah, hingga hal-hal yang tersembunyi sekalipun. 

Berbicara mengenai perbedaan dari hal tersembunyi, organ reproduksi adalah salah satu di antaranya. Pria dan wanita jelas berbeda  baik dari bentuk dan fungsi organ reproduksinya.  Pada wanita, perbedaan itu pun masih dapat dilihat hingga ke salah satu bagian luar dari organ genital yakni selaput dara.

Rasanya, masih sangat kental dalam budaya masyarakat kita bahwa selaput dara adalah salah satu penanda keperawanan atau virginitas seorang wanita. Yang patut disayangkan, kesalahan serta kurangnya informasi akurat mengenai bagian organ genital wanita ini masih sering terjadi dan kerap kali merugikan posisi para Kaum Hawa.

Salah satu informasi yang sering keliru atau bahkan tak banyak orang tahu adalah bentuk selaput dara wanita yang tidak seragam atau sama bentuknya. Dengan mengetahui fakta bahwa bentuk selaput dara bervariasi diharapkan dapat mengubah persepsi serta meluruskan anggapan yang salah tentang organ kewanitaan ini.
 
Seperti dituturkan pakar Obstetrik Ginekologi  dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), dr  Suryono Slamet Iman Santoso, SpOG, selaput dara wanita memang berlainan dan memiliki lubang atau pori yang bentuknya bervariasi.  Derajat kelembutan dan fleksibilitas selaput yang juga disebut “hymen” ini pun berbeda-beda.

“Selaput dara ini mempunyai banyak bentuk, mulai dari bentuk annular, ada yang bersepta-septa dan ada  juga yang cibriformis atau berlubang-lubang.  Karena bentuknya selaput, pendarahan pada bagian ini biasanya sedikit.  Nah, inilah yang biasa suka mengeluarkan darah  saat melakukan seks pertama. Tapi belum tentu semua wanita akan begitu,” ungkap dr Suryono dalam talkshow “Seksualitas di Indonesia : Tabu atau Perlu?” di Jakarta, Kamis  (10/7) lalu .

Dokter yang juga menjabat Ketua Perkumpulan Obstetrik Ginekologi Indonesia (POGI) ini  menjelaskan, bila seorang wanita memiliki bentuk selaput annular yang wujudnya sangat tipis, maka kemungkinan besar ia tidak akan mengalami pendarahan sama sekali pada saat hubungan seks pertamakali. Dengan fakta ini pula, sebagian dari mitos tentang darah keperawanan sebenarnya dapat diluruskan.

Selain jenis yang tipis dan berlubang, ada pula wanita yang bagian selaputnya tidak memiliki lubang sama sekali atau juga disebut “impervorate hymen”.  Jenis ini adalah suatu kelainan genetika dan seorang wanita biasanya akan kesulitan saat memasuki masa menstruasi.  

“Ini adalah kelainan kongenital atau bawaan sejak lahir. Akibatnya seorang wanita tidak menstruasi dalam jangka waktu lama, padahal ia sebenarnya haid tapi darahnya tertahan di dalam vagina dan bisa menimbulkan tumor.  Angka kejadiannya di Indonesia cukup banyak ,” ungkap dr Suryono.   

Setelah seorang perempuan mengalami menstruasi yang pertama kali, lubang pada selaput dara dapat bertambah lebar.  Namun yang pasti, setelah robek atau terkoyak selaput dara tidak dapat dikembalikan menjadi utuh seperti semula.

Dr Suryono menekankan meskipun ada dokter ahli yang mengklaim dapat  memulihan atau memperbaiki selaput dara, hal itu sebenarnya dilakukan demi memulihkan truma mental dan psikologis pasien saja.

“Karena sangat tipis dan tidak ada pembuluh darahnya, selaput dara tidak bisa direpair. Jadi tak bisa dikembalikan lagi menjadi perawan,” ujarnya.

Kalaupun dilakukan tindakan operasi, kata Dr Suryono, tentu selaput daranya tidak diperbaiki.  Dokter biasanya hanya melakukan tindakan seperlunya hanya untuk meyakinkan dan mengembalikan kepercayaan diri pasien.

“Sebetulnya bila semua orang sudah memiliki pemahaman tentang selaput dara, operasi memang sama sekali tidak diperlukan,” tandasnya.

Tipe Hymen berdasarkan bentuk :

  • Annular hymen; selaput melingkari lubang vagina.
  • Septate hymen; selaput yang ditandai dengan beberapa lubang yang terbuka.
  • Cibriform hymen; selaput ini juga ditandai beberapa lubang yang terbuka, tapi lebih kecil clan jumlahnya lebih banyak.
  • Introitus : Pada perempuan yang sangat berpengalaman dalam berhubungan seksual, bisa saja lubang selaputnya membesar. Namun masih menyisakan jaringan selaput dara.

Jenis selaput dara berdasarkan bentuknya. Dari kiri ke kanan : Annular, Septate, Cibriform, Introitus

Sumber

wanita annular / cibriform / fungsi / hymen / intim / introitus / operasi / organ / pria / selaput dara / septate / tersembunyi / wanita /

Comments

  • zizi says:

    semua tanggapan yang negatif ttg perempuan yang tiada selaput dara akn hilang jika semua org khususnya lelaki membaca info ini…jangan di salahkan mengapa seseorang perempuan itu tidak mempunyai selaput dara…bukan disebabkan mereka telah melakukan hubungan seks dengan pasangan,malah ada banyak sebab lain yang membuat seseorang pereppua tidak mempunyai selaput dara…

  • Dinna says:

    bet para cowo. . .
    jngan menang ego. . .
    kenalin n pahami dulu tentang selaput :smile:

  • anisa says:

    sebaiknya situs ini lebih banyak di baca oleh para calon suami,sehingga tidak memvonis kaum perempuan dengan seenaknya saja,tanpa tau kebenarannya,karena tidak semua wanita yg gak virgin ngelakuin hal sexs bebas
    trims untuk info ygtelah diberikan,ini sangat membantu kami para kaum perempuan :roll:

  • aiu putri says:

    buat para lelaki yang ngaku na lelaki…
    jangan cuma seenaknya sendiri aja…
    pahami wanita luar dalam dulu baru ngomong..
    jangan kebanyakan wacingcong :lol: :wink:

  • Genji says:

    slain selaput dara pecah,adakah cara yg lain utk mengenalpasti sama ada seseorang pmpuan itu dah melakukan seks???
    mcm saiz lubang,rupa bntuk kmaluan dia,dll…

  • wahyu kuntara says:

    :!: aq si s’7 dgN., s3seorng yg blng para pria ntu jangan memvonis wanita jika pada malam prtama, wanita tdk mngluarkan drh.

  • huda hikaru says:

    nah..betul tuch.. para kaum adam harus baca nich… wajib n penting :wink:

  • amaya says:

    must be read… male and female :wink:

  • Pinky says:

    Buat para cewe makanya jagan gila dehhh jagatuhh segelmu!!!!!!!!!!!!!!!!! :evil: :evil:

  • ricca says:

    :evil:
    gk kluar drah bukn brrti gk perwan!!!!
    selput dara gk bsa nntuin perwan or gk!!!!!!!!!!
    :oops:
    q atlet bela dri n sring nendang tiggi,n q sring ltihan split!
    otomtis selput dra q robk(may be). :oops: :mrgreen:
    n q gk trima,krna tu q d’vonis gk perwan!!!!!!!!!!

  • ricca says:

    @Genji
    mnurut q,selput dara robe atw pecah,gak bsa nandain cwe tu dh gk perwan!

  • dara says:

    aqu prnh ml sblm’a dgn co quh
    bru 2x sech
    tp ga ngluarin drah toe tp jjur ja itoe bt prtma kli’a koq
    aqu jd bngung
    msh V ga???

  • Nurfitria Dara Latuconsina says:

    salam.. makasih atas infonya ya Mbak… sangat bermanfaatt.. “-”…

  • norazian says:

    jg diri baik2 gadis diluar

  • arya says:

    mngkin penis pcar km kcil,,,shigga ga ad drah yg kluar,,,
    n km psti ga rs nikmat….

  • kenky says:

    ehm,,, jd inti na selaput darah,, tuh bkn tanda suatu kprwanan atau g x
    y,,, KlU BlEh Tw Ne,, Av Aj SeCh,, YG bS BwT sLaPuT DAraH tUeCh
    rObEk?

  • heru says:

    jangan sampai kalian(cowo & cewe) nyesel yah.pikrkan dulu akibatnya

  • jiwakacau says:

    jika seseorang prmpuan tlh mlakukan prstbuhan ttpi tdk ada kluar drh apakah mksudnya ?
    ada ka prmpuan itu sdh tidak perawan ?

  • Aann Yoe says:

    Skrg Bnyak Rmaja Yg Mlakukan Hub. Sexs D luar Nikah,,,
    pTus Prawan Sblm Wktunya..
    Bwt Cwe2 indonesia, Jgalah Perawan Kalian,, Krna Hnya T Yg Bner2 Paling Brhrga D Diri Kalian,, :_)

  • herman says:

    artikel yang menarik,,, ^_^ keperawanan yang sebenarnya adalah
    apabila bisa menjaga marwah (harga diri) dengan cara
    tidak melakukan hubungan sex diluar nikah,,,
    itu menurut sok tau dan sok bijak saya saja.. ^_^
    kuncinya ya IMAN… (y) tapi belakangan ini TUHAN SUDAH MATI
    jadi iman juga mulai PUDAR (kaya lagu rossa aja pudar)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Ingin tulisan tampil di F-Buzz.Com website?
ingin blog anda untuk lebih dikenal dan lebih banyak pengunjung?
Klik disini
'