July 14, 2008 - aku

Gangguan Dorongan Seksual Pada Wanita

Gangguan dorongan seksual pada wanita merupakan salah satu disfungsi seksual yang cukup sering terjadi. Disfungsi seksual itu sendiri mungkin dapat disebabkan oleh kurangnya pengetahuan salah satu atau kedua belah pihak akan seks, ataupun adanya hambatan dalam berkomunikasi antar pasangan. Oleh karena itu sangatlah penting untuk mengenali pasangan anda dan mendeteksi adanya sesuatu yang mengganggunya, agar disfungsi dapat dicegah atau diatasi sedini mungkin.

Gangguan dorongan seksual pada wanita, antara lain adalah hipoaktif, atau bila lebih parah lagi, aversi seksual. Dorongan seksual yang hipoaktif adalah bila wanita kurang berhasrat untuk berhubungan, sedangkan bila lebih parah lagi, wanita tersebut akan selalu mencari-cari alasan untuk menghindari situasi yang mengarah pada hubungan seksual. Hal inilah yang dinamakan aversi seksual.

Gangguan ini dapat disebabkan oleh banyak faktor, seperti hormon, kesehatan tubuh secara keseluruhan, faktor psikologis ( seperti rasa jemu, stres, dll ), rangsang yang diterima, dan pengalaman seksual sebelumnya. Hal ini penting sekali karena sangat mungkin pengalaman sebelumnya yang kurang baik telah menimbulkan trauma pada diri wanita, sehingga akan enggan melakukan hubungan lagi.

Adapun tanda-tanda yang harus anda ketahui dari pasangan anda, jika ia mengalami hiposeksualitas atau bahkan aversi seksual, yaitu, frekuensi berhubungan pasti akan menurun, ada sifat mudah marah atau tersinggung, dan sensitif terhadap topik seputar seks, serta seringkali muncul disfungsi seksual lainnya seperti dispareunia, yang merupakan nyeri sekitar organ seks pada tindakan seksual, gangguan pencapaian orgasme, dan sebagainya. Mengetahui manifestasi gangguan ini sangatlah penting, karena penyembuhannya dilakukan berdasarkan penyebab dan gejalanya.

Untuk mengatasi gangguan ini, anda dan pasangan harus mengetahui dahulu penyebabnya, apakah fisik atau psikologis ? Misalnya, bila ternyata yang menjadi masalah adalah kejemuan, mungkin anda berdua dapat berlibur dan berekreasi ke suatu tempat untuk sekedar ganti suasana. Pilihan lainnya adalah terapi seks, yaitu cara mengatasi disfungsi seksual yang memadukan pengobatan biomedis yang psikososial. Untuk menyukseskan penyembuhan. Pasangan harus saling mengerti dan mendukung, karena dirinya pasti terlibat.

Kebanyakan gangguan hiposeksual ini terjadi pada wanita dan lebih jarang pada pria. Untuk mengatasinya sangatlah penting bahwa terdapat saling pengertian dan keterbukaan dalam menghadapi masalah ini. Dengan begitu, semoga anda dan pasangan dapat melanggengkan hubungan anda lebih harmonis lagi, dan mencapai kebahagiaan bersama.

Pernikahan / wanita CEGAH / disfungsi / dispareunia / dorongan / Frekuensi / gangguan / hipoaktif / Keterbukaan / nyeri / pengertian / pria / seksual / wanita /

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>