ASI Kurang?

Banyak sekali yang beranggapan ASI kurang adalah jumlah produksi ASI si Ibu tidak mencukupi untuk si bayi. Padahal belum tentu demikian. Ada beberapa hal yang seringkali salah kaprah, dalam hal ini adalah pemahaman mengenai Perlekatan (Latch-on), yaitu situasi menempelnya mulut bayi pada payudara Ibu pada saat menyusu. Kalau posisi perlekatan ini salah, maka bayi akan terus kelaparan, karena ASI yang diterimanya tidak dalam jumlah yang optimal.
Tata Letak Memberikan ASI
Gambar di sebelah kiri, adalah perlekatan yang salah, mulut si bayi hanya menempel pada puting si ibu. Haarusnya, seperti gambar sebelah kanan, mulut bayi menempel di sebagian besar wilayah areola payudara ibu. Kalau posisi perlekatan salah, ibu bisa jadi menderita. Kalau demikian, kegiatan menyusui akan menjadi berat untuk dilakukan. Akhirnya, produksi ASI terganggu, karena ASI jadi jarang ‘keluar’ dari payudara Ibu. Nah jadi repot kan kalau sudah begini?

One comment on “ASI Kurang?

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>