June 13, 2008 - aku

Bahasa Cinta

Apakah Anda tahu bahwa cinta juga ada bahasanya? Seperti halnya bila kita tidak memiliki bahasa yang sama, akan sulit dalam berkomunikasi. Misalnya orang Jepang yang hanya berbahasa Jepang akan sukar dalam berkomunikasi dengan orang Indonesia yang tidak mengerti bahasa Jepang. Demikian pula dengan cinta yang jika tidak dimengerti bahasanya, akan menimbulkan kesalahpahaman.
Menurut Dr Gary Chapman dalam bukunya “Lima Bahasa Cinta“ ada lima bahasa cinta di antaranya :

Pelayanan
 Orang dengan bahasa cinta pelayanan akan suka melayani orang lain. Dia lebih suka melakukan sesuatu pekerjaan untuk orang lain. Misalnya Rudy akan siap menjemput pacarnya, melayani pada saat makan antara lain mengambilkan makanan, membantu mengerjakan tugas rumah, dll.

Sentuhan fisik
 Bayi pun senang bila mendapatkan sentuhan fisik misalnya digendong, dipeluk, dicium. Dengan sentuhan, perkembangan bayi akan lebih baik daripada bayi yang tidak disentuh. Sentuhan fisik juga merupakan wahana untuk menyampaikan cinta dalam perkawinan. Bagi beberapa orang, sentuhan fisik merupakan bahasa cinta primer mereka. Mereka merasa dicintai bila disentuh. Memeluk pasangan Anda di saat ia mau pergi ke pasar akan membuatnya pulang lebih cepat. Bila pasangan Anda memiliki bahasa cinta sentuhan fisik, Anda dapat menyentuhnya di tempat yang disukainya dan Anda akan menemukan perubahan besar dalam dirinya dan ia akan lebih mengasihi Anda.

Saat-saat mengesankan
 Anda mungkin memiliki pasangan yang senang bila bisa melakukan sesuatu kegiatan bersama, misalnya mencuci mobil, pergi ke pasar, jalan pagi, dll. Jika pasangan Anda senang bila Anda duduk mendengarkan apa yang dikatakannya, pastilah saat-saat mengesankan merupakan bahasa cinta primernya.

Menerima hadiah-hadiah
 Suatu hadiah merupakan ungkapan kita bagi orang lain bahwa kita memperhatikan mereka. Tapi bagi orang yang bahasa cintanya adalah menerima hadiah, akan sangat senang sekali menerima hadiah meskipun nilainya tidak seberapa. Anda dapat membuat suatu daftar yang berisi hadiah-hadiah yang pernah Anda berikan pada pasangan Anda yang membuatnya sangat bahagia. Tidak perlu menunggu ada hari istimewa untuk memberikan hadiah. Bagi mereka hadiah Anda merupakan ungkapan rasa cinta Anda baginya.

Kata-kata pendukung
 Pujian ataupun kata-kata pendukung merupakan sarana komunikasi cinta yang ampuh. Dengan kata-kata dari Anda mungkin pasangan akan menemukan kembali potensinya yang selama ini dipendamnya. Pujian dari Anda akan menumbuhkan rasa percaya diri dalam dirinya. Jadi Anda perlu belajar memberikan kata-kata pujian bagi pasangan Anda. 
Dengan mengetahui bahasa cinta pasangan, Anda akan mulai berbicara dalam bahasanya, otomatis kebutuhan emosionalnya terpenuhi dan ia merasa cintanya mantap dengan Anda.

keluarga / Pernikahan bahasa / berbicara / cinta / dicium / dipeluk / emosional / gift / hadiah / jepang / Kado / kebutuhan / langauge / lima / lima bahasa cinta / love / mantap / mengesankan / moment / pelayanan / pendukung / potensi / pujian / sentuhan fisik / service /

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>