Menghadapi Masa Lalu Pasangan

 Sebagai manusia tentu saja tidak terlepas dari kesalahan-kesalahan yang dibuat di masa lalu. Kadang-kadang sebagai pasangan, Anda mungkin sukar sekali melupakan kejadian di masa lalu yang pernah dilakukan oleh pasangan tercinta.
Berikut tips untuk menghadapi masa lalu pasangan :

 Selesaikanlah masalah masa lalu yang menghalangi hubungan Anda berdua sampai tuntas. Jujurlah dengan pasangan mengenai masa lalu baik sikap, pacar lama ataupun hal lainnya. Tetapi yakinkanlah pasangan Anda bahwa ia juga harus menerima segala kesalahan yang telah Anda perbuat di masa lalu dan melupakannya. Jika Anda secara tak sengaja mengatakan bagaimana hebatnya mantan pacar, pastikan untuk segera mengoreksinya dengan mengatakan bahwa suami/ istri Anda lebih hebat dari mantan pacar yang lalu sehingga Anda lebih memilihnya menjadi pasangan seumur hidup.
 Gunakanlah masa lalu sebagai perisai/ senjata/ kekuatan menghadapi masa depan. Teori ini kedengarannya sangatlah mudah. Tetapi jika Anda sudah terbawa emosi dalam mengutarakan masa lalu, mungkin saja Anda akan membandingkan keadaan sekarang dengan masa lalu yang lebih baik dari keadaan sekarang. Jadi bila Anda akan mengutarakan masa lalu, lebih baik pertimbangkan dulu apakah dengan mengetahui hal tersebut akan membuat hubungan lebih baik atau sebaliknya.

 Bersyukurlah atas kehidupan Anda saat ini. Mungkin Anda termasuk orang yang sering mengutarakan masa lalu padahal keadaan sekarang lebih baik. Beberapa orang sering tidak atau kurang bersyukur atas keadaannya saat ini kata Daphne Rose Kingma. Orang kadang kala lebih suka menceritakan keadaannya yang buruk dimasa lalu bersama mantan pacar daripada menceritakan betapa bahagianya hidupnya saat ini. Jadi fokuslah pada keadaan saat ini sehingga Anda akan dapat melihat betapa beruntungnya Anda memiliki suami/ istri yang mendampingi Anda saat ini.

 Lupakanlah cacat masa lalu pasanganmu. Mungkin sebelum bertemu dengan kekasih sejati, Anda mengalami beberapa hal yang menyakitkan. Menurut Michele Weiner-Davis, pengarang buku Divorce Busting, “Nasihat terburuk bagi pasangan yang baru menikah adalah terbuka terhadap semua hal yang terjadi di masa lalu mereka. Beberapa hal mungkin lebih baik tidak usah diutarakan.” Jika Anda merupakan korban kekerasan fisik, seksual, emosi, di masa lalu, Anda harus mengutarakannya pada pasangan sehingga dia dapat membantu Anda mengatasi semua kekecewaan di masa lalu. Tetapi perlu juga dipertimbangkan apakah Anda berdua siap dengan masa lalu pasangan tersebut ?

 Jika menceritakan masa lalu akan meningkatkan kualitas cinta Anda berdua, ceritakanlah. Tetapi apabila akan memperburuk hubungan Anda atau tidak berpengaruh sama sekali terhadap hubungan Anda berdua, lebih baik tidak diutarakan.

 Masa lalu merupakan salah satu sejarah Anda pula. Pilihan Anda adalah, apakah mengijinkan masa lalu menjadi bagian dari kehidupan saat ini ? Bila masa lalu tersebut memberikan manfaat bagi masa depan Anda berdua alangkah baiknya bila diutarakan agar dapat mempererat tali kasih diantara Anda. Akan tetapi bila tidak, biarkanlah masa lalu menjadi milik masa lalu semata.

7 comments on “Menghadapi Masa Lalu Pasangan

  1. Lin March 20, 2009 12:12 pm

    Bagaimana cara mengatasi masa lalu yang sampai sekarang masih berhubungan baik? Misalnya mantan suami masih berhubungan dengan mantan istri, walaupun secara tidak langsung. Tidak ada ikatan yang menghubungkan mereka, anak misalnya. Karena selama pernikahan tidak melakukan hubungan intim suami istri.

    Apakah ini berarti mengijinkan masa lalu menjadi bagian kehidupan saat ini?

    Mohon bantuan bagaimana cara mengatasi hal ini. Terima kasih sebelumnya.

  2. 0cha May 31, 2009 8:34 pm

    Sya maU tnya.
    9mn cra’y agar tdk pdUli dgn mantan

  3. asbroken June 14, 2009 3:50 am

    0cha,
    ingat hal2 yg menyakitkan yg pernah dia perbuat sama kamu. kalo perlu, ingat yg paling menyakitkan.

  4. liana February 20, 2011 2:10 pm

    aku mau tanya,,
    gmna caranya untuk membuat dia menyesal, karena sudah menyakiti
    aku.

  5. tita April 29, 2011 3:01 pm

    minta sarannya.dulu saya punya pacar,dan direbut temenku sendiri,kejadia yang menyakitkan itu sangat lama untuk bisa saya lupakan. sekarang saya kembali lagi ke pcar saya yang itu dan sekarang menjadi calon suami saya. tetapi saya masih dihantui
    dengan masa lalunya yang berpacaran dengan temen saya itu. terakhir di akun facebook taun 2010 saya menemui pernyataan kalo calon suami saya masih ngarepin dia.
    minta sarannya,biar hati n kehidupan saya kelak lebih tenang…
    maksih

  6. anda September 21, 2011 2:18 pm

    misi om…
    ku mau tanya ..
    ku uda merid..
    tapi aku masih belom bisa melupakan masa lalu istri ku..
    terkadang aku bisa melupakan nya..
    tapi sesaat dia timbul lagi…dan rasa itu sangat sngat sulit untuk aku
    lupakan…
    aku bingung..aku harus gmn…..

  7. ria lanny September 30, 2011 6:41 pm

    terus terang saja… sampai saat ini aku blum bisa melupakan masa lalu suami saya… memang ini terjadi saat kami belum menikah… tapi aku sungguh2 sangat kecewa dan sakit hati dengan apa yang pernah terjadi antara suami aku dengan wanita lain… awalnya aku bisa menerimanya tapi setelah aku mendapat pengakuan langsung dari wanita itu aku semakin tak bisa melupakan semua ini… usia pernikahan kami bru setahun… tapi sampai saat ini aku belum bisa melupakan masa lalu suami aku itu… bahkan setiap ada cekcok sedikit selalu saja itu jadi senjata aku …

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>