Mengatasi Rasa Tidak Percaya Pada Pasangan

Kepercayaan merupakan kunci hubungan suami-istri yang bahagia. Tanpa kepercayaan akan sukar menjalin hubungan yang kekal. Seringkali ketidakpercayaan disebabkan tindakan salah satu pasangan yang mengecewakan pasangannya sehingga susah untuk mempercayainya lagi. Usaha untuk mendapatkan kembali kepercayaan membutuhkan kerjasama kedua belah pihak.

 Ketidakpercayaan yang berlanjut akan menyebabkan masing-masing berusaha menjauhkan diri dari pasangannya karena mereka merasa tidak dicintai lagi oleh pasangannya. Pada saat timbul rasa tidak percaya apa sebenarnya yang perlu dilakukan ?
Bila Anda merasa sulit untuk mempercayai pasangan Anda, tunjukkanlah perasaan yang baik. “Saya merasa tidak dapat mempercayaimu lagi. Saya tahu kamu pasti tidak suka dan frustrasi.” Dari perkataan ini meskipun pasangan Anda tidak suka tapi terlihat bahwa pasangan Anda akan merasa tetap diperhatikan dan dipedulikan perasaannya.
 Bila pasangan Anda tidak percaya karena suatu hal yang masuk akal, janganlah memaksanya untuk percaya pada Anda. Mungkin sebaiknya Anda mencoba mengatakan “Saya tahu saya dapat dipercaya tapi saya tidak menyalahkanmu karena meragukan saya.” Usaha Anda untuk meyakinkan pasangan mungkin untuk membantu pasangan agar ia lebih lega dan Anda tidak ingin kehilangan dirinya.

 Bila pikiran bahwa pasangan Anda tidak dapat dipercaya memenuhi pikiran Anda, jadwalkanlah waktu dalam sehari untuk khawatir. Riset menunjukkan bahwa orang yang menyediakan waktu 15–30 menit sehari untuk pikiran obsesif dapat lebih mengendalikan pikiran tersebut. Pikiran tersebut akan kembali dalam waktu yang lain. Katakan pada diri Anda bahwa Anda akan memperhatikan pikiran tersebut pada saat yang lain dan teruskanlah pekerjaan Anda.
Lakukan dalam sehari seolah-olah Anda mempercayai pasangan Anda. Bila pasangan Anda terlambat pulang kerja 1 jam, tanyakanlah sebabnya dan bertindaklah seolah-olah Anda mempercayainya. Tanggapilah setiap ketidakpercayaan Anda dengan perkataan seolah-olah Anda mempercayainya.

 Anda dapat mencoba latihan berikut ini untuk menimbulkan perasaan lebih percaya pada pasangan Anda. Berbaring terlentang dan minta tolong pada pasangan mengangkat kepala Anda 1 atau 2 inch dari lantai. Bersikaplah santai dan biarkan ia menahan kepala Anda tanpa bantuan sedikitpun dari Anda. Pada saat inilah Anda perlu percaya pada pasangan bahwa ia mampu menopang kepala Anda. Dan ia akan tahu betapa sulitnya Anda berusaha untuk mempercayainya sesulit dia mengangkat kepala Anda.
Pasangan yang diberi kepercayaan lagi oleh pasangannya akan membuktikan bahwa dirinya dapat dipercaya dan akan lebih mengasihi pasangannya yang memberi kesempatan kedua baginya untuk berubah. Baca juga tips untuk mempertahankan hubungan pasangan suami isteri.

One thought on “Mengatasi Rasa Tidak Percaya Pada Pasangan

  1. Pingback: Tangki Cinta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>