Cegah Sindrom Pra-Menstruasi

Pernahkah Anda merasa gelisah tanpa sebab menjelang menstruasi? Atau pernahkah Anda merasa sakit di payudara sebelum tamu bulanan datang? Nah, itu dia yang disebut dengan Premenstrual Syndrome (PMS) alias Sindrom Pra-Menstruasi.
Sindrom pra-menstruasi adalah suatu gejala yang biasanya terjadi selama satu atau dua minggu sebelum haid. Yang jelas begitu haid datang, sindrom ini pun menghilang. Jika Anda saat ini mendekati masa menopause, maka sindrom ini tidak akan Anda rasakan.
Yang jelas, hingga saat ini belum diketahui dengan pasti penyebab sindrom pra menstruasi. Ada dugaan penyebabnya adalah rendahnya tingkat hormon progesteron, kekurangan nutrisi dan rendahnya tingkat serotonin, suatu bahan kimia yang diperlukan otak.
Ada sekitar 150 gejala sindrom yang biasanya di alami perempuan. Umumnya perut kembung, sakit kepala, pembengkakan payudara, ngidam makanan tertentu, fatik (kelelahan), depresi, memar kulit, jerawat, mudah tersinggung, cemas, dan gampang marah.
Untuk mengurangi gejala-gejala tersebut, Anda bisa mengkonsumsi obat-obatan ringan. Misalnya obat pengurang sakit, antidepresan, dan diuretiks. Atau Anda juga dapat mengkonsumsi vitamin B dan suplemen mineral. Cara lainnya, yaitu dengan mengubah diet. Contohnya mengurangi masukan sodium dan meningkatkan potasium dan kalsium dapat mengurangi fluid retention, dan diet serat tinggi untuk mencegah sembelit yang sering terjadi bersamaan dengan PMS.
Berlatih aerobik secara teratur juga dapat mengurangi gejala ini. Dan yang paling penting adalah mengontrol stres yang Anda alami. Agar Anda tidak uring-uringan selama masa sindrom ini.

One comment on “Cegah Sindrom Pra-Menstruasi

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>