May 24, 2008 - aku

Tips Perawatan Calon Pengantin Sebelum Hari H

Seperti yang saya janjikan kemarin, hari ini akan dipaparkan artikel mengenai tips-tips dalam persiapan pernikahan dan artikel ini adalah salah satunya. Silahkan menikmatinya.
Pernikahan/Perkawinan adalah perpaduan dua hati menuju puncak kehidupan manusia. Serta langkah baru menyatupadukan dua sisi kepribadian sifat dan watak yang berbeda agar terjalin dalam harmoni yang selaras. Dalam kesempatan apapun wanita selalu ingin tampil cantik, apalagi dihari yang berbahagia dan bersejarah dalam hidupnya. Perkawinan adalah suatu perayaan yang sakral dan agung karena pada hari perkawinan ini sang pengantin akan menjadi pusat perhatian. Tentunya untuk menyambut hari yang bersejarah itu sudah dipersiapkan jauh hari sebelumnya.
Perawatan bagi calon pengantin hendaknya dilakukan 1 bulan sebelum menikah, dengan tujuan untuk mendapatkan hasil semaksimal mungkin sehingga calon pengantin putri dapat memancarkan kharisma/ kecantikannya.
Tip-tip perawatan yang harus dilakukan antara lain:

- Luluran seminggu sekali
Adalah suatu tradisi yang tak dapat dilupakan bagi setiap calon pengantin putri, karena dengan mandi lulur tubuh akan menyebarkan bau harum yang khas tradisional, yang akan menjadikan kulit tubuh halus dan kuning bercahaya, mencegah kekeringan serta mencegah bau badan.
Oleskan Minyak zaitun keseluruh tubuh terlebih dahulu, kemudian di massage (diurut ) setelah itu pakailah Lulur atau bila anda ingin yang lebih praktis anda dapat memakai Mangir Pembersih yang mengandung akar wangi, klabet, cendana, buah pinang berkhasiat memacu peredaran darah pada kulit serta menghilangkan bau badan, dengan cara mengoleskan keseluruh tubuh, kaki dan tangan, biarkan setengah mengering kemudian

- Mandi rempah setiap hari atau sesering mungkin hingga aroma tubuh menjadi harum
Setelah dilulur kemudian dilanjutkan dengan mandi berendam dalam air Rempah Mandi. Rempah ini mengandung daun tanaman sirih, rimpang kunyit dan kayu cendana. Dengan mandi rebusan rempah yang hangat kuku tubuh akan menjadi harum dan bebas dari bau badan. Kemudian gunakanlah Sabun Lulur /Sabun Mangir, yang bermanfaat menguningkan , menghilangkan bau badan, membersihkan dan melembutkan kulit. Setelah mandi gunakanlah body lotion oleskan keseluruh tubuh, kaki dan tangan.

- Perawatan dari dalam
Untuk perawatan dari dalam minumlah Jamu yg dibuat khusu untuk perawatan tersebut sehari 3 kali, bermanfaat menyegarkan tubuh, menghilangkan bau badan dan membuat wajah berseri-seri. Problem peka yang sering terjadi pada perempuan umumnya keputihan, minumlah kaplet anti keputihan untuk menghilangkan sekresi lendir yang berlebihan dan menghilangkan gatal-gatal. Minumlah 2 kali sehari @ 2 kaplet. Kadang nafaspun menjadi tak segar akibat dari lambung, kumur-kumurlah dengan mouthwash, agar nafas senantiasa segar sepanjang hari.

- Perawatan wajah minimal 2x dilakukan yaitu di minggu ke-1 dan ke-3
Untuk perawatan wajah, anda dapat lakukan dengan membersihkan wajah setiap hari minimal 2 kali pagi dan malam sebelum tidur dengan memakai susu pembersih dan penyegar yang sesuai dengan jenis kulit anda.

- Creambath perawatannya 2x pada minggu pertama dan ketiga
Keramas selain membersihkan rambut karena kotoran yang melekat juga mencegah ketombe. Gunakan cem-ceman, sambil dirut-urut ke akar rambut, lalu diamkan 1 -2 jam, sehingga meresap ke akar rambut. Berfungsi untuk merawat rambut.menghitamkan rambut dan menyuburkan rambut. Kemudian bilas dengan air hangat. Lalu gunakan shampo sesuai dengan jenis rambut anda. Lalu dibilas dan lanjutkan dengan conditioner Lalu bilas dan lanjutkan memakai tonik penguat rambut. Seminggu sekali kemudian memakai krem perawatan rambut, oleskan pada seluruh kulit kepala, pijat sebentar lalu ratakan, dan tutuplah dengan handuk panas (yang telah dicelupkan ke ari panas). Kemudian bilas hingga bersih dan beri tonik kembali.

- Mandi bidadari dengan kembang setaman (mawar, melati, kenanga) dilakukan 1 hari menjelang hari H, sebelum malam midodareni.
Satu hari sebelum hari H. lakukan Upacara mandi Bidadari atau biasa disebut mandi siraman dilakukan sebelum malam perkawinan. Ada beberapa adat yang melakukan seperti waktunya biasanya jam 11 siang dengan air kembang setaman (mawar, melati dan kenanga), dilakukan oleh kedua orang tua pengantin putri dan keluarganya sebanyak 13-15 kali (bilangan ganjil), dengan cara mengguyur kan ketubuh pengantin putri secara bergantian. Tujuannya agar paras sang pengantin putri seperti bulan purnama. Rambutnya di ratus dengan ratus wangi, agar rambut harum semerbak. Begitu juga pengantin pria dengan cara yang sama hanya dilakukan terpisah, ditempat pengantin pria.
Semoga uraian ini bermanfaat.

Pernikahan "h" / adat / agung / air / bahagia / bau / berseri / bidadari / calon / Cantik / dalam / diurut / dua / ganjil / hari / harmoni / harum / hati / kaplet / kehidupan / kembang / kepala / keputihan / ketiga / kulit / kumur / laki / lambung / luluran / manggir / manusia / mengandung / minuman / mouthwash / nafas / panas / pembersih / pengantin / perawatan / Perempuan / perkawinan / Pernikahan / pertama / praktis / pria / puncak / purnama / rambut / ratakan / sakral / sebelum / Seminggu / sepanjang / siraman / terpisah / tips / tonik / wajah / wanita /

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Ingin tulisan tampil di F-Buzz.Com website?
ingin blog anda untuk lebih dikenal dan lebih banyak pengunjung?
Klik disini
'