Tips Menyajikan Pesta Kita

Sajian Pesta Pernikahan/Perkawinan
 Salah satu pusat perhatian dalam sebuah resepsi perkawinan adalah pilihan menu yang disajikan. Kelezatan rasa dan keindahan gaya tampilan menu sajian mampu membangkitkan kesan istimewa para undangan akan pesta perkawinan yang diselenggarakan.
Berbagai Gaya, Tema dan Sajian Pesta
Menyajikan makanan dan minuman pada sebuah pesta harus sesuai waktu dan pilihan tema pesta yang diselenggarakan. Lokasi mempengaruhi pula sajian untuk sebuah pesta perkawinan walau demikian selera dan keinginan kedua mempelai beserta keluarga tetap sebagai pertimbangan utama.
Menyusun menu sajian pesta perkawinan mempertimbangkan pula selera khusus tamu yang akan diundang. Di antaranya pantangan dalam hal makan dan minum yang tidak bisa dihindari. Bila perlu sajikan menu khusus tersebut pada meja yang terpisah.
Anggaran untuk sajian makanan dan minuman mengambil porsi terbesar dari total biaya keseluruhan pesta perkawinan. Besarnya tergantung pada jumlah tamu, pilihan menu, cara pelayanan dan penyajian.
Lokasi resepsi pesta biasanya merekomendasikan beberapa jasa penyedia makanan dan minuman (katering) yang kerap melayani di tempat tersebut. Faktor pengalaman jasa katering dalam menangani beragam pesta di lokasi yang bersangkutan memberi nilai lebih dalam merancang dekorasi sajian.

Menentukan Jasa Katering Pilihan
 Setiap jasa katering memiliki cara pelayanan dan biaya yang berbeda. Untuk mendapatkan salah satu yang sesuai keinginan, kebutuhan dan anggaran perlu waktu dan pertimbangan. Berikut beberapa hal yang perlu dilakukan berkaitan penentuan pilihan jasa katering.
1. Survey Lokasi Resepsi Pesta
Sebuah tempat resepsi biasanya memiliki rekanan yang biasa menangani segala urusan pesta perkawinan pada lokasi tersebut termasuk urusan sajian makanan dan minuman. Melalui dokumentasi foto-foto dari jasa katering yang bersangkutan saat menangani sebuah pesta dapat menjadi salah satu panduan penilaian, bahkan sebagai sumber inspirasi untuk tema yang direncanakan.

2. Rencanakan Persiapan Lebih Awal
Memilih jasa katering yang sesuai kriteria memerlukan banyak pertimbangan dan penilaian. Tidak hanya sekedar mampu menyediakan sajian yang lezat tapi perlu ketrampilan dalam menata sajian agar indah dipandang mata sehingga tidak merusak selera. Sediakan waktu sekitar delapan hingga sembilan bulan ke muka untuk mengevaluasi sebelum menentukan pilihan akhir. Sebagian besar jasa katering membatasi waktu menerima pekerjaan pada jangka waktu minimal tiga hingga lima bulan. Kerap mengunjungi pesta resepsi adalah alternatif lain mengumpulkan informasi kualitas berbagai jasa katering. Kumpulan informasi tersebut memberikan gagasan baru dalam merencanakan pesta yang lebih berwarna dengan anggaran yang tersedia.

3. Lakukan Kesepakatan dengan Jelas dan Tertulis
Setelah diputuskan maka perlu dijabarkan dalam bentuk tertulis kesepakatan atas segala tanggung jawab masing-masing pihak. Hal ini dibutuhkan karena khusus untuk jasa katering banyak hal yang terlibat, di antaranya makanan, minuman, pelayan serta pelayanan, dekorasi sajian, keamanan dan kebersihan. Sehingga merugikan pihak lain. Beberapa yang perlu dicantumkan dalam kesepakatan di antaranya sistem pembayaran, perhitungan total biaya, tampilan dekorasi sajian, keamanan dan jaminan ganti rugi.
Kembangkan imajinasi dan kreatifitas dalam merancang sajian yang lezat disantap dan indah dipandang. Kesan istimewa para tamu undangan terhadap kelezatan sajian menambah kenangan manis hari perkawinan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>