May 23, 2008 - aku

Nyeri Saat Senggama/Berhubungan

Sakit saat berhubungan intim mungtkin pernah Anda alami. Sakit itu timbul ketika pasangan (suami) melakukan penetrasi ke dalam vagina Anda. Rasa itu terkadang teramat sakit untuk Anda, sehingga apa yang seharusnya bisa Anda nikmati, justru mengganggu. Lalu, apa sih penyebab sakit itu ? Dan bagaimana cara mengatasinya ?
Wanita Pernah Mengalami
Beberapa wanita pernah mengalami ketidaknyamanan atau rasa sakit ini saat melakukan hubungan intim. Nah rasa sakit ketika berhubungan intim pada wanita dalam istilah kedokteran dikenal dengan dispareunia. Rasa sakit ini bisa di bagian luar dari vagina, di bagian dalam vagina, atau bisa pula jauh di dalam daerah perut ataupun panggul, demikian menurut pendapat dari H.winter Griffith, MD. Rasa sakit ini timbul bisa saya pada saat berhubungan, saat di pertengahan, ketika orgasme, ataupun ketika selesai berhubungan suami-istri.
Sementara itu berdasarkan pengamatan dari Master & Johnson bahwa sekitar 15 persen wanita sudah menikah dalam setahun mengalami hubungan suami-istri yang menyakitkan untuk berberapa kali. Bahkan ahli tersebut memperkirakan pula bahwa sekitar satu atau dua persen wanita yang berumah tangga mengalami banyak lagi hubungan intim yang menyakitkan dalam setahun sebandingkan dengan kelompok wanita yang 15 persen itu. Rasa nyeri, sakit, dan bentuk-bentuk gangguan selama berhubungan intim, tentu saja dapat mengganggu kenikmatan dan kelanggengan dalam berhubungan intim.
Faktor Fisik
Penyebab dari dispareunia menurut Winter bisa beraneka, misalkan secara fisik. Nah, dispereunia yang disebabkan oleh factor fisik karena infeksi dari penyakit kelamin, seperti herpes ataupun penyakit lain yang menyerang vagina, leher rahim, ataupun tuba falopi. Karena anda sedang menjalani pengobatan atau peradiasian untuk menyembuhkan suatu penyakit, bisa juga mengakibatkan nyeri pada waktu berhubungan badan. Setelah beberapa waktu anda melahirkan karena dilakukan penyayatan pada mulut bibir kemaluan untuk mempermudah kehariran, bisa menyebabkan dispareunia. Nyeri atau sakit bersenggama bisa juga karena anda menderita endometriosis. Yaitu adanya suatu jaringan endometrium di luar rahim, misalnya disaluran telur, indung telur, diantara dinding belakang rahim dan anus. Kerena robeknya selaput dara atau selaput dara tipis, bisa juga mengakibatkan nyeri saat berhubungan. Selain itu, jika terjadi luka disaluran kencing, bisa juga menyebabkan nyeri. Lalu karena reaksi alergi pada diaprama, kondom, ataupun tidak terlalu bagus pelumas pada kondom dan juga bisa dikarenakan factor menopause. Penurunan kadar esktrogen yang mempengaruhi jumlah cairan di vagina.
Faktor Psikis
Faktor ini lebih banyak disebabkan oleh trauma yang dialami sehingga membekas dalam ingatan, seperti misalnya kasus pemerkosaan. Selain itu juga karena adanya rasa takut hamil, karena memang belum mengharapkan adanya anak dalam keluarga (menikah pada usia muda). Faktor pemanasan yang kurang lama dan maksimal pada istri, juga dapat menyebabkan despareunia. Posisi pada yaktu bercinta juga banyak pengaruhnya.
Mengatasi Dispareunia
Untuk mengatasi masalah ini pertama – tama harus dikonsultasikan kepada dokter apa penyebabnya. Apabila factor utama penyebab dari penyakit ini terdeeteksi baru langkah-langkah pengobatan akan disesuaikan, baik oleh karena faktor fisik dan psikis

Health/Kesehatan / Pernikahan alami / bentuk / bercinta / berhubungan / cairan / despareunia / diaprama / dokter / esktrogen / fisik / gangguan / intim / johnson / kadar / kondom / langgeng / leher / maksimal / master / menopause / nyaman / nyeri / obat / pelumas / penyebab / pernah / persen / posisi / psikis / rahim / rasa / saat / sakit / senggama / tuba falopi / wanita /

Comments

  • ara says:

    perbanyak informasi tentang gejala dan bahaya dari penyakit kelamin donk!! karena kita butuh informasi yang tepat untuk menjalani kehidupan seperti zaman saat ini!!! ueeedddaaan!!!!! :evil: :evil:

  • ela says:

    :eek: saya wanita umur 24thn dan sudah menikah
    selama ini saya mengalami ketidaknyamanan ketika berhubungan dengan suami. karena rasa sakit yang selalu terjadi pada saat maupun sesudah berhubungan di daerah kewanitaan saya..saya tidak tau pasti apa penyebab rasa sakit itu..saya coba konsultasi ke dokter tapi kata dokter itu karena vagina saya yang belum siap..tapi? secara fisik saya siap koq..tapi? kenapa rasa itu datang terus..dan itu sangat mengganggu suami saya akhirnya saya jadi suka enggan untuk melakukan hubungan intim

  • irma says:

    say no to free sex ok !!!!

  • riri says:

    saya wanita berumur 23th

    knp miss V saya selalu keluar darah trus,saya jd bgg udh 2 minggu blm berhnti2, apakah itu menstruasi ato ada penyakit.saya pun tidak merasakan sakit apapun. :?:

  • ida says:

    saya berumur 26 tahun dan mempunyai teman istimewa.
    Kami merancang mengikat tali pertunangan dua tahun lagi, memandangkan saya
    kan saya masih lagi menuntut. Apa yang membimbangkan saya adakah
    saya akan merasa sakit dan ngeri semasa melakukan hubungan suami
    isteri setelah berkahwin nanti :|

  • titik says:

    saya seorang istri yang berumur 26 th mengapa miss v saya mengeluarkan cairan yang mengental saat tidak berhubungan atau pas berhubungan dan juga sakit saat bersenggama sebenarnya saya mengidap penyakit apa ya???

  • endah says:

    saya ibu berumur 33th..knp saat berhububgan terasa sakit trus ada bercak darah sakit apa ya kira kira,menginggat saya pengidap HNP apa mgkn sakit karena itu

  • permana says:

    saya berumur 21th kenapa ya setiap saya berhubungan intim saya merasa sakit seekali

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>